Cyndi Lauper Akan Dapat Penghargaan HAM di Acara PBB

CNN Indonesia | Rabu, 27/11/2019 22:53 WIB
Cyndi Lauper Akan Dapat Penghargaan HAM di Acara PBB Penyanyi peraih Grammy Awards, Cyndi Lauper, bakal mendapatkan penghargaan dalam gelaran Perserikatan Bangsa-Bangsa berkat jasanya di bidang advokasi HAM. (Jamie McCarthy/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyanyi peraih Grammy Awards, Cyndi Lauper, bakal mendapatkan penghargaan dalam gelaran Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) berkat jasanya di bidang advokasi hak asasi manusia.

Billboard melaporkan bahwa penghargaan High Note Global Prize itu akan diserahkan dalam perhelatan tahunan besutan Lauper sendiri, Home for the Holidays, di Los Angeles pada 10 Desember mendatang, bertepatan dengan Hari Hak Asasi Manusia.

Penghargaan ini sendiri merupakan gagasan dari The High Note Global Initiative sebagai mitra global PBB. Untuk memeriahkan suasana, PBB dan mitranya turut mengundang sederet musisi lainnya, mulai dari Marilyn Manson hingga Kesha.


"Kami bangga mendukung The High Note Global Initiative dalam upaya membangkitkan mobilisasi global untuk HAM, dan di saat bersamaan menghargai artis yang menggunakan karyanya untuk mempromosikan dan melindungi HAM orang lain," ujar Kepala Hubungan Eksternal Dewan HAM PBB, Laurent Sauveur.

Sepanjang kariernya, Lauper memang dikenal sangat memperhatikan kesetaraan hak bagi kaum LGBTQ, termasuk melalui True Colors United. Lembaga non-profit itu bertekad mengurangi tunawisma di antara pemuda LGBTQ.

Merujuk pada data True Colors United, dari 4,2 juta pemuda AS yang tak punya rumah tiap tahun, lebih dari 40 persen di antaranya merupakan LGBTQ.

[Gambas:Video CNN]

Tak hanya berupaya mengatasi masalah itu, True Colors United juga menawarkan program pelatihan, edukasi, bantuan teknis, advokasi dan kolaborasi antar-pemuda.

"Selama berpuluh tahun, ia mendukung HAM, menyuarakan dan menjadi agen perubahan, menginspirasi orang di dunia untuk lebih toleran. Ia sangat layak mendapatkan penghargaan ini," ucap pendiri The High Note Global Initiative, David Clark. (has/has)