Fan Tuntut X1 Dibubarkan Demi Karier Para Member

tim, CNN Indonesia | Senin, 02/12/2019 20:37 WIB
Fan Tuntut X1 Dibubarkan Demi Karier Para Member Sebuah tuntutan telah diunggah ke media sosial dari fan X1 yang menuntut pembubaran boyband tersebut demi karier masing-masing personelnya. (dok. TvN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah tuntutan telah diunggah ke internet dari fan X1 yang menuntut pembubaran boyband tersebut demi karier masing-masing personelnya. Hal ini terkait dengan nasib boyband itu usai skandal manipulasi Produce X 101.

Pernyataan itu menyebutkan bahwa CJ E&M dan Mnet mengumumkan pada 14 November bahwa mereka akan bertanggung jawab atas penyelidikan manipulasi tersebut selama penyelenggaraan acara itu.

Para penggemar X1 menuntut boyband itu dibubarkan dengan alasan melindungi masa depan karier anggotanya, mengingat semua agenda penampilan boyband itu dibatalkan. Selain itu, para penggemar juga menuntut pihak CJ E&M meminta maaf.


"Kerusakan yang muncul akibat manipulasi CJ jatuh kepada para anggota X1. X1 dikritik sepanjang penampilan mereka dan tidak dapat bekerja dengan baik karena pembatalan penampilan komersial," kata tuntutan fan tersebut.

"Juga, para anggota tak terlindungi. Bahkan kini, ketika tersangka lainnya terkonfirmasi, CJ ENM telah lepas tangan dan mengabaikan X1 dengan cara tak bertanggung jawab hanya untuk melindungi citra perusahaan meskipun mereka bertanggung jawab atas ini, dan karier para anggota yang terhambat," lanjut pernyataan tersebut.

Menurut pernyataan tersebut, akibat dari kasus ini adalah stigma dan gangguan privasi atas kehidupan anggota X1. Bukan hanya itu, para penggemar juga terkena imbas.

"Wajar sebagai penggemar, kami tak dapat meninggalkan masa depan para anggota X1 di tangan CJ yang tak bertanggung jawab," lanjut pernyataan fan.

"Kami tak dapat hanya duduk dan menilai mimpi para anggota dan pemuda lainnya sia-sia ketika penampilan sewajarnya mereka mustahil dilakukan di bawah nama X1 dan CJ tidak memiliki kemampuan atau pun keinginan menyelesaikan hal ini," lanjutnya, dikutip dari SportsWorld via Naver.

"Kami sangat menuntut tiga tuntutan ini sebagai pemulihan kehormatan dan karier para anggota X1 dengan segera sebelum terjadi situasi yang lebih buruk: 1. Pembubaran grup dan kontrak tanpa penundaan; 2. Permintaan maaf secara resmi kepada para korban, anggota, dan penggemar untuk mengembalikan kehormatan para anggota X1; 3. Kompensasi impas dan kepastian karier untuk para anggota," kata pernyataan fan.

[Gambas:Youtube]

Tuntutan ini datang setelah X1 batal tampil di sejumlah acara, termasuk ajang besar Mnet Asia Music Awards 2019 yang akan dilangsungkan 4 Desember 2019 di Nagoya, Jepang.

Pada Selasa (26/11), Mnet merilis sederet musisi dan artis yang akan tampil di MAMA pekan depan. Dalam deretan nama tersebut, tak ada nama IZ*ONE dan X1, karena skandal Produce X 101 yang menghasilkan kedua grup itu.

"IZ*ONE tidak akan muncul di MAMA 2019. Kami sangat menyesal untuk para penggemar yang telah menunggu penampilan IZ*ONE," tulis pernyataan Mnet.

"Kami juga banyak menerima pertanyaan soal X1. X1 juga tidak akan muncul di MAMA 2019. Kami dengan tulus meminta maaf atas kontroversi yang disebabkan oleh program kami [Produce X 101]," kata pernyataan tersebut.

Pembatalan penampilan X1 di MAMA 2019 jadi yang kedua setelah sebelumnya Mnet membatalkan jadwal grup tersebut tampil di V Live Awards V HEARTBEAT 2019. (end)