Raih 34 Nominasi Golden Globe 2020, Netflix Cuma Menang 2

CNN Indonesia | Selasa, 07/01/2020 13:00 WIB
Raih 34 Nominasi Golden Globe 2020, Netflix Cuma Menang 2 Torehan besar Netflix di nominasi Golden Globe 2020 tak berbanding balik dengan yang mereka dapat. (AFP PHOTO PHOTO / ROBYN BECK)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pertarungan antara film streaming dan konvensional telah terjadi selama beberapa waktu belakangan, termasuk di ajang penghargaan.

Sempat muncul perdebatan bahwa karya film streaming tak layak ikut ajang penghargaan karena tak memenuhi persyaratan tayang di bioskop.

Ragam cara akhirnya disiasati agar memenuhi syarat, seperti yang dilakukan Netflix dengan menayangkan lebih dulu di bioskop sebelum kemudian tersedia di platform mereka.


Cara itu cukup sukses, Netflix berhasil mengantongi 17 nominasi kategori film di ajang Golden Globe 2020, ditambah dengan 17 nominasi dari kategori TV.

Capaian itu juga termasuk menguasai tiga dari lima pengisi kategori nominasi drama film terbaik dengan The Irishman, Marriage Story, dan The Two Popes.

Namun sayangnya, torehan besar Netflix di nominasi Golden Globe 2020 tak berbanding balik dengan yang mereka dapat.

Secara keseluruhan Netflix hanya membawa pulang dua piala Gloden Globe 2020, Laura Dern sebagai Aktris Pendukung Film Drama Terbaik untuk penampilan di Marriage Story serta Olivia Colman sebagai Aktris Drama TV Terbaik untuk aksi di serial The Crown.

Mengulang tahun lalu, pada gelaran tahun ini dua studio besar kembali memenangkan dua hadiah utama.

Sony Pictures Entertainment berhasil membawa pulang trofi untuk Film Komedi-Musikal Terbaik untuk Once Upon a Time in Hollywood, mengalahkan nominasi Netflix, Dolemite Is My Name. Sementara itu, piala Film Drama Terbaik dibawa pulang Universal dengan 1917.

Tahun lalu, Fox memenangkan penghargaan Film Drama Terbaik untuk Bohemian Rhapsody dan Universal mendapatkan Film Musikal atau Komedi Terbaik untuk Green Book.

Sedangkan pada musim 2019, film Netflix Roma tidak memenuhi syarat untuk kategori Film Drama Terbaik, tetapi menang di bidang Film Berbahasa Asing Terbaik.

Dan di bidang TV, diberitakan Hollywood Reporter, Netflix juga kalah untuk meraih piala untuk kategori tertinggi dengan The Crown yang diakui kritis kalah dari serial HBO Succession. (agn/end)