Review Konser

Keakraban Tanpa Batas Eric Nam dan Namnation di Indonesia

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 15/01/2020 15:30 WIB
Keakraban Tanpa Batas Eric Nam dan Namnation di Indonesia Eric Nam menyapa hangat Jakarta untuk ketiga kalinya pada Senin (13/1). (dok. Paradigm Agency via Instagram/@realericnam)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keakraban tanpa batasan menjadi kalimat yang cocok menggambarkan suasana penampilan solois Eric Nam di Jakarta pada Senin (13/1). Komunikasi dua arah jelas terlihat dalam kunjungan ketiga pria pemilik hit Heaven's Door tersebut.

Acara dimulai sekitar pukul 20.00 WIB. Kala itu, fan yang akrab disapa Namnation telah berkumpul di Soehanna Hall, kawasan Sudirman, Jakarta Selatan. Mereka meneriakkan nama Eric Nam dengan bersemangat.

Eric Nam tampil di atas panggung dengan kemeja lengan pendek emas serta celana jin sambil membawakan Come Through, salah satu lagu dalam album terbaru bertajuk Before We Begin.


Indonesia menjadi salah satu negara dalam tur dunia yang dikunjungi Eric Nam untuk mempromosikan album berbahasa Inggris penuh perdana, Before We Begin. Seluruh lagu dalam album, mulai dari Come Through, Runaway, Love Die Young, Congratulations, You're Sexy I'm Sexy, How'm I Doing, Wonder hingga No Shame ditampilkan.

Sejumlah single dan lagu yang telah dirilis sebelumnya seperti Hold Me, Don't Call Me, Cave Me In, Lose You, The Night, Honestly dan Can't Help Myself turut dibawakan di hadapan Namnation di Jakarta.

Banyak hal menarik ditunjukkan Eric Nam ketika bersama Namnation. Ia tak tampak ragu mengambil hadiah, hand banner atau slogan yang dibawa penonton. Salah satunya, mengambil fan board yang menarik perhatian. Fanboard merupakan foto-foto idola buatan penggemar yang dibentuk seperti kipas. Saat itu, ia tertarik melihat ekspresinya sendiri.

"Ini adalah ekspresi teraneh yang pernah saya lihat," katanya berkomentar.

Eric Nam juga mengambil balon berbentuk cincin berlian yang dibawa penggemar. Balon cincin tersebut ia pakai di pergelangan tangan ketika tampil di atas panggung.

[Gambas:Youtube]

Fan meeting atau fan concert yang diadakan Eric Nam terasa begitu menyenangkan karena komunikasi bareng penggemar selalu berlangsung dua arah. Ia mengajak berdialog setiap usai menyanyikan satu hingga dua lagu.

"Penggemar saya sangat beragam. Apakah ada yang berumur 10 tahun di sini? Saya pernah bertemu anak kecil yang merupakan penggemar saya," tuturnya.

Ia juga bertanya mengenai orang tua yang turut hadir dalam fan meeting. Berdasarkan pantauan, beberapa orang tua terlihat duduk di belakang ketika acara sedang berlangsung. Eric Nam pun tak ragu untuk menyapa mereka dari atas panggung.

"Halo Ibu, halo Ayah. Kalian terbaik," katanya.

Dalam kesempatan itu, ia mengaku sangat senang mengunjungi Asia. Menurutnya, banyak hal khas Asia yang tak bisa dimengerti oleh orang-orang yang ia temui kala menjalani tur ke Eropa dan Amerika, salah satunya adalah memiliki 'Asian Mom'.
Keakraban Tanpa Batas Eric Nam dan Namnation di IndonesiaEric Nam tak hanya bernyanyi. Ia mengajak penonton mengobrol, melontarkan pertanyaan, bahkan sempat menguji pengetahuan lagu berbahasa Korea penggemar. (dok. Stone Music Entertainment via YouTube)
"Mereka tidak tahu rasanya memiliki Asian Mom yang selalu bertanya kenapa ini dan itu. Ibu saya jarang ikut tur karena khawatir saya akan lupa nada. Terima kasih atas kepercayaannya, Bu," cerita Eric sambil tertawa.

"Namun beberapa waktu lalu, dia memberi tahu kalau dia sangat bangga kepada saya. Saya bingung, siapa penipu ini? Saya sempat kaget tapi saya mencintaimu, Bu," canda Eric lagi.

Usai bercerita, penyanyi bernama asli Nam Yoon-do ini mencoba mengetes pengetahuan penggemar atas lagu-lagunya yang berbahasa Korea. Namnation Indonesia berhasil menunjukkan bahwa mereka benar-benar tahu, bahkan hafal lirik lagu Eric Nam.

"Ini luar biasa. Kalian mengetahui semuanya. Saya sangat bangga pada kalian. Kalian sangat luar biasa," tuturnya.

[Gambas:Youtube]

Fan service yang diberikan Eric Nam juga tak tanggung-tanggung. Selain menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun kepada fan yang berulang tahun serta kepada yang merayakan hari jadi pernikahan, ia pun sempat menandatangani album salah seorang fan di atas panggung.

Kala itu, salah satu Namnation berulang kali berteriak meminta Eric menandatangani albumnya. Teriakan itu terdengar dan berhasil menarik perhatian pria yang lahir dan dibesarkan di Atlanta tersebut.

"Dari tadi dia berteriak, 'Eric, tandatangani album saya, Eric'," katanya, menirukan cara teriak si penggemar.

Ia kemudian berkata pada penonton. "Tolong oper ke sini albumnya. Halo, siapa namamu?" ucap Eric sambil menandatangani album tersebut.
Eric Nam juga memperhatikan kondisi fan. Ia membagikan banyak botol air mineral kepada penggemar yang telah ikut bergoyang dan menyanyi selama lebih dari satu jam. "Ini bagikan ke teman samping kalian. Kalian haus kan, berbagi ya," tuturnya.

Fan service tak berhenti di sana. Di kesempatan lain, Eric mengambil handbanner bertuliskan 'Please Don't Let This Love Die Young' dan berpose di depan penggemar yang sedang mengabadikan momen.

"Eric, foto saya nge-blur," teriak salah satu fan.

"Kenapa nge-blur?" tanya Eric sambil berjalan ke arah penggemar tersebut dan memberinya kesempatan untuk mengambil gambarnya kembali.
Keakraban Tanpa Batas Eric Nam dan Namnation di IndonesiaEric Nam tak segan bercanda dan berbagi cerita dengan para Namnation di Jakarta, Senin (13/1). (Foto: AFP PHOTO / Anthony WALLACE)
"Pose seksi, Eric," teriak penggemar lainnya.

"Apa, pose seksi? Oh man, oh man," jawab Eric seperti ogah-ogahan. Namun ia tetap berpose seksi sambil tersenyum di depan kamera penggemar.

"Kalian yang hadir di sini tahu kan kalau acara saya 30 persen musik dan 70 persen adalah waktu saya untuk mengajari kalian tentang kehidupan," katanya sambil tertawa.

"Kalau saya terus menyanyi dengan cepat, maka ini semua akan segera berakhir. Jadi sebenarnya kalian ke sini untuk mendengarkan saya mengajari kalian," ucap Eric, kembali tertawa kecil.

Sebelum berpisah, Eric Nam berjanji untuk kembali ke Indonesia dalam waktu dekat. Ia menanyakan kemungkinan penonton bakal menyaksikan penampilannya lagi di masa mendatang, pertanyaan yang langsung disambut riuh. 

"Janji ya," kata Eric sambil memberikan jari kelingking.

Penampilan Eric Nam itu ditutup dengan dua lagu encore yakni Honestly dan Can't Help Myself.

[Gambas:Youtube]

Konser Before We Begin ini menjadi kali ketiga Eric Nam mengunjungi Jakarta. Penyanyi kelahiran 17 November 1988 ini pertama kali datang untuk tampil dalam konser Saranghaeyo Indonesia bersama iKON, Lee Hi, Dean serta Day6 pada 2017.

Eric Nam kemudian kembali ke Jakarta untuk mengisi acara We The Fest pada 21 Juli 2018 bersama Lorde, James Bay, Miguel, SZA, dan ODESZA. (rea)