BTS ke TXT, Akun Medsos Idol K-Pop Paling Dibahas 2019

tim, CNN Indonesia | Selasa, 14/01/2020 19:31 WIB
Dari 10 akun idol K-Pop paling banyak dibahas di Twitter sepanjang 2019, BTS menempati posisi teratas. Dari 10 akun idol K-Pop paling banyak dibahas di Twitter sepanjang 2019, BTS menempati posisi teratas. (Courtesy bts.ibighit.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Platform media sosial Twitter merilis 10 akun idol K-Pop yang paling banyak dibahas oleh penggemar mereka sepanjang 2019. BTS alias Bangtan Boys menempati posisi teratas.

Dalam daftar tersebut, setelah BTS, secara berurut ada EXO, GOT7, MONSTA X, BLACKPINK, SEVENTEEN, Baekhyun, NCT 127, Tomorrow x Together alias TXT, dan BamBam.

"Band Kpop populer BTS (@BTS_twt), EXO (@weareoneEXO) dan GOT7 (@ GOT7Official) terus memimpin daftar global kami untuk akun #KpopTwitter yang paling banyak dibahas," kata pernyataan Twitter yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (14/1).


"Tetapi kami juga melihat tren akun anggota tim individu naik dalam pembahasan seperti Baekhyun (@B_hundred_Hyun) dan BamBam (@ BamBam1a)," lanjutnya.

BTS bukan hanya menjadi akun idol K-Pop paling banyak dibahas di media sosial Twitter, melainkan juga mendapatkan status Golden Tweet, alias kicauan yang paling banyak dibagikan alias retweet sepanjang 2019.

Kicauan tersebut adalah ketika akun resmi BTS mengunggah sebuah video yang menggambarkan Jungkook berjoget diiringi lagu Bad Guy dari Billie Eilish pada 10 Juni lalu.

Hingga Selasa 14 Januari 2020, kicauan itu tercatat telah disukai lebih dari 2,4 juta akun dan dikicau-ulang hingga 1,1 juta kali.



"Sekali lagi, BTS Army menunjukkan kekuatan mereka dengan mempopulerkan kicauan video anggota BTS (@bts_twt) Jungkook yang menari menjadi Tweet paling banyak dikicau-ulang (alias Golden Tweet) di seluruh dunia pada 2019," kata Twitter.

Di sisi lain, berdasarkan riset yang dilakukan oleh Twitter, ada 6,1 miliar kicauan terkait K-Pop sepanjang 2019 dari penjuru dunia. Jumlah tersebut naik 15 persen dibandingkan 2018.

Selain itu, menurut data yang dihimpun dalam periode 1 Januari-15 November 2019, Indonesia menempati posisi tiga setelah Thailand di urutan pertama dan Korea Selatan di posisi kedua.

BTS ke TXT, Akun Medsos Idol K-Pop Paling Dibahas 2019Dari 10 akun idol K-Pop paling banyak dibahas di Twitter sepanjang 2019, BTS menempati posisi teratas. (dok. Twitter)

Selepas Indonesia, sejumlah negara yaitu Amerika Serikat, Filipina, Brazil, Malaysia, Jepang, Meksiko, dan Argentina menjadi negara-negara dengan pembahasan K-Pop terbanyak di dunia.

Meski begitu, Twitter tidak mencantumkan jumlah persis perbincangan mengenai K-Pop dari masing-masing negara tersebut.

"Meski K-Pop mulai populer di Korea Selatan 25 tahun yang lalu, belakangan ini melalui kekuatan penggemar milenial di seluruh dunia percakapan terkait K-Pop telah menjadi daya tarik dari seluruh dunia di Twitter," kata Twitter. (end)