Taylor Swift Berontak di Trailer Dokumenter Miss Americana

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 23/01/2020 08:19 WIB
Taylor Swift Berontak di Trailer Dokumenter Miss Americana Taylor Swift resmi merilis trailer film dokumenter Miss Americana, yang sekaligus akan jadi pembuka Sundance Film Festival. (Dia Dipasupil/Getty Images for MTV/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Taylor Swift resmi merilis trailer film dokumenter Miss Americana, Kamis (23/1), yang akan menjadi pembuka Sundance Film Festival pada akhir Januari 2020.

Trailer berdurasi dua menit itu dibuka dengan cuplikan persiapan Taylor Swift jelang naik panggung di MTV VMA 2019 lalu, menandai penampilan perdananya di ajang tersebut setelah 'rehat' dari 2016.

Dalam cuplikan tersebut, Taylor tengah berbincang dengan ibunya, Andrea, mengenai kesiapan pelantun Lover itu kembali tampil di atas panggung kontroversial MTV VMA.


Setelah itu, trailer menunjukkan berbagai cuplikan langka dari seluruh perjalanan karier Taylor Swift diiringi dengan narasi dari sang musisi.

"Selama karier saya, para pejabat label hanya mengatakan 'seorang gadis manis tidak memaksakan pendapatnya kepada orang lain', 'gadis manis mesti tersenyum melambaikan tangan dan mengatakan terima kasih'," kata Taylor Swift.

"Saya menjadi sosok sesuai keinginan orang lain," lanjutnya.

Trailer film yang digarap oleh Lana Wilson itu kemudian menunjukkan berbagai cuplikan berisi gunjingan terhadap Taylor Swift, mulai dari bentuk tubuh hingga pertemanannya dengan sejumlah model papan atas.

"Tak ada orang yang secara fisik melihat saya selama setahun, dan itulah yang saya pikir mereka inginkan," kata Taylor.

Taylor kemudian mengaku bahwa dirinya berniat untuk memberontak dan menghancurkan stigma atas sosok seorang wanita ideal dan menolaknya.

Hal ini berkaitan dengan citra dirinya yang selalu dicap sebagai "America's Sweetheart" dan kemudian dihujani kritik atas berbagai tindakannya.

[Gambas:Youtube]


Taylor Swift juga mengungkapkan pemikirannya atas perjuangan mendapatkan rasa hormat dari orang lain, berkaitan dengan perseteruan dirinya dengan Kanye West sejak 2009.

"Itu menyadarkan saya dari perasaan terus-menerus bahwa saya berjuang untuk mendapatkan rasa hormat dari orang lain," kata Taylor.

"Rasanya bahagia tanpa campur tangan orang lain," lanjut Taylor dalam iringan gambar yang menunjukkan dirinya berpelukan dengan seorang pria diduga adalah Joe Alwyn, kekasihnya.

Trailer film dokumenter Miss Americana yang dirilis Taylor Swift juga menunjukkan pergulatannya untuk buka suara atas politik, sesuatu yang selama ini menjadi bahan perundungan untuk dia karena "diam" dan tidak menyuarakan pandangan politiknya.

Atas perilisan trailer tersebut, penggemar Taylor Swift kemudian menyatakan kegembiraan dan tidak sabar menanti film dokumenter tersebut tayang secara serentak di Netflix pada 31 Januari mendatang.


















Taylor Swift: Miss Americana sendiri disutradarai oleh Lana Wilson yang sebelumnya mengarahkan film "The Departure". Sementara itu, Morgan Neville, Caitrin Rogers, dan Christine O'Malley mengisi jajaran kursi produser.


(end)