Undang Bong Joon-ho, Presiden Korsel Puji Parasite

CNN Indonesia | Kamis, 20/02/2020 17:47 WIB
Undang Bong Joon-ho, Presiden Korsel Puji Parasite Presiden Korsel Moon Jae-in memuji Parasite karya Bong Joon-ho dan menilai film itu telah membuktikan kepada dunia bahwa budaya Korea tak lagi marginal. (KIM HONG-JI / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bertemu Sutradara Bong Joon-ho di Istana Kepresidenan Korea Selatan pada Kamis (20/2). Dalam pertemuan tersebut, Presiden Moon Jae-in berulang kali mengungkapkan rasa bangga terhadap film Parasite, karya Bong Joon-ho yang membawa pulang empat piala Oscar 2020.

Presiden Moon Jae-in juga mengatakan capaian tersebut mencatat sejarah kembali baik dalam kelahiran perfilman Korea 100 tahun lalu dan Academy Awards.

"Parasite begitu baik untuk meruntuhkan penghalang sebagai film berbahasa non-Inggris. Sehingga, Oscar bahkan tak punya pilihan lain untuk mengenalinya," kata Presiden Moon Jae-in seperti dilansir Yonhap.


Menurutnya, penghargaan tersebut juga memberikan warga Korea Selatan kebanggaan dan kekuatan di tengah masalah penyebaran virus corona COVID-19 yang dihadapi. Berdasarkan data (20/2), pemerintah Korea Selatan telah mengonfirmasi 82 kasus virus corona.

"Itu telah membuktikan kepada dunia bahwa budaya Korea Selatan tak lagi marginal di panggung global, sama seperti BTS dan selebriti K-Pop lainnya," tutur Moon.

Hal-hal tersebut disampaikan dalam jamuan makan siang resmi yang dihadiri seluruh pemain dan staf produksi Parasite. Menariknya, Jjapaguri atau yang lebih dikenal dengan ram-don (ramyeon-udon) menjadi salah satu makanan yang disajikan dalam jamuan resmi tersebut.

Undang Bong Joon-ho, Presiden Korsel Puji ParasitePresiden Korsel Moon Jae-in memuji Parasite karya Bong Joon-ho dan menilai film itu telah membuktikan kepada dunia bahwa budaya Korea tak lagi marginal. (KIM HONG-JI / AFP)
Ram-don merupakan makanan yang jadi dikenal dunia lewat film Parasite. Penyajian Ram-don di jamuan resmi tersebut ternyata atas permintaan ibu negara, Kim Jung-sook. Presiden Moon Jae-in mengatakan istrinya merupakan penggemar berat Parasite.

Film Parasite menarik perhatian dunia sejak 2019. Film yang pertama kali ditayangkan dalam Cannes Film Festival 2019 tersebut langsung meraih penghargaan tertinggi, Palme d'Or.

Setelah itu, Parasite rutin meraih penghargaan festival film internasional, seperti Screen Actor Guild (SAG) Awards serta Golden Globe.

Pada awal Februari 2020, Parasite membawa pulang empat piala Oscar dalam kategori Film Terbaik, Naskah Film Terbaik, Sutradara Terbaik, serta Film Internasional Terbaik. Sejarah baru banyak dicatat dari raihan tersebut.

Undang Bong Joon-ho, Presiden Korsel Puji ParasitePresiden Korsel Moon Jae-in memuji Parasite karya Bong Joon-ho dan menilai film itu telah membuktikan kepada dunia bahwa budaya Korea tak lagi marginal. (KIM HONG-JI / AFP)
Parasite menceritakan kesenjangan sosial yang dialami beberapa keluarga. Permasalahan terjadi ketika anak tertua (Ki-woo) berhasil menjadi guru bahasa Inggris di rumah keluarga kaya, Tuan Park.

Demi meningkatkan kesejahteraan keluarga, Ki-woo dan seluruh anggota keluarganya menyusun rencana untuk bisa bekerja di rumah keluarga Tuan Park.

Rencana tersebut berhasil. Ki-woo tetap bekerja sebagai guru Bahasa Inggris, Ki-jung (adik) menjadi guru seni, Ki-taek (ayah) menjadi supir Tuan Park, dan Chung-sook (ibu) menjadi asisten rumah tangga.

Atas kemenangan besar di Oscar 2020, Parasite kembali tayang di layar lebar termasuk Indonesia. (chri/end)