Wabah Corona, Bioskop di Indonesia Perpanjang Masa Penutupan

CNN Indonesia | Senin, 06/04/2020 18:30 WIB
Wabah Corona, Bioskop di Indonesia Perpanjang Masa Penutupan Ilustrasi bioskop Cinema XXI. Sejumlah jaringan bioskop di Indonesia memutuskan memperpanjang masa penutupan selama pandemi global virus corona Covid-19. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah jaringan bioskop di Indonesia memutuskan memperpanjang masa penutupan selama pandemi global virus corona Covid-19.

Pihak jaringan bioskop Cinema XXI menyampaikan keputusan tersebut diambil setelah melihat situasi dan kondisi terkini serta menjadi dukungan atas upaya Pemerintah perihal social
distancing atau pembatasan jarak sosial dan berdiam diri di rumah.

"Cinema XXI memperpanjang waktu nonaktif kegiatan operasional di seluruh jaringan bioskop kami untuk sementara waktu. Waktu perpanjangan nonaktif beragam, sesuai dengan surat edaran dari masing-masing Pemerintah Daerah," demikian keterangan Dewinta Hutagaol, Head of Corporate Communications & Brand Management, Cinema XXI, lewat pernyataan resmi kepada CNNIndonesia.com, Senin (6/4).


"Kami akan terus memantau perkembangan situasi dan kondisi yang ada, serta berkomitmen untuk terus mendukung upaya Pemerintah dan kesembuhan bangsa. Kami akan mematuhi instruksi/keputusan baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah dalam upaya menyikapi kondisi yang terjadi saat ini,"

"Mari kita bersama-sama berdoa dan berharap agar bencana ini dapat segera berakhir sehingga kondisi perekonomian dapat kembali stabil," tambahnya.

Sebelumnya, Cinema XXI memutuskan untuk menutup seluruh bioskop di DKI Jakarta mulai 23 Maret 2020 hingga 5 April 2020. Kini, 1.182 layar di 218 lokasi bioskop yang tersebar di 52 kota di seluruh Indonesia, ditutup untuk waktu yang belum ditentukan.

Selain Cinema XXI, jaringan CGV Cinemas dan Cinepolis pun terpantau masih menonaktifkan kegiatan di bioskop.

Dalam pernyataan yang tertulis di laman situs resmi, CGV Cinemas pun menyatakan akan menutup semua lokasi bioskopnya sementara waktu mulai 31 Maret 2020 sebagai pencegahan penyebaran virus corona.

"Keputusan ini harus kami ambil demi keamanan, kenyamanan, dan kesehatan para staf, pengunjung, serta stakeholder terkait. Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan berharap agar pandemi COVID-19 akan berakhir dalam waktu yang segera mungkin," demikian tertulis dalam pernyataan.

Laman situs Cinepolis pun menuliskan pernyataan serupa yang berbunyi, "Demi memprioritaskan kesehatan dan keamanan pengunjung serta pegawai kami, dengan berat hati kami informasikan bahwa bioskop Cinepolis akan ditutup sementara hingga waktu yang belum ditentukan."

Hingga Senin (6/4) sore, dilaporkan terdapat 2.491 kasus positif di Indonesia dengan 209 di antaranya meninggal dunia dan 192 sembuh. (agn/end)