Curhat Mark Hamill Usai Pensiun dari Star Wars

CNN Indonesia | Rabu, 13/05/2020 13:25 WIB
ORLANDO, FL - APRIL 14: Mark Hamill attends the Star Wars Celebration day 02 on April 14, 2017 in Orlando, Florida.   Gustavo Caballero/Getty Images/AFP Aktor Mark Hamill mencurahkan isi hatinya setelah masanya untuk memerankan karakter Luke Skywalker dalam film seri Star Wars berakhir. (Gustavo Caballero/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktor Mark Hamill mencurahkan isi hatinya setelah masanya untuk memerankan karakter Luke Skywalker dalam film seri Star Wars berakhir usai muncul dalam Star Wars: The Rise of Skywalker (2019).

Berbicara kepada Entertainment Weekly, Hamill mengucapkan selamat tinggal kepada Luke, karakter yang sudah ia perankan sejak 1977.

"Saya tidak bisa membayangkan. Saya melewati awal, pertengahan, dan akhir. Film-film itu memberikan lebih dari yang saya harapkan ketika kami memulai sehingga tak pernah terpikirkan," kata Hamill.


Ia melanjutkan, "Perpisahan saya terjadi di Star Wars Episode IX dan itu pahit. Saya mencintai semua orang dan pasti memiliki cinta untuk George dan karakter yang ia ciptakan."

Hamill memerankan karakter Luke pertama kali dalam Star Wars: A New Hope (1977). Ia kembali tampil pada Star Wars: Empire Strikes Back (1980) dan Return of the Jedi (1983).

Aktor berusia 68 tahun ini kembali muncul dalam trilogi ketiga Star Wars yang rilis dari 2015-2019. Namun, kemunculannya dalam trilogi tersebut juga menjadi perpisahan.

Ia sangat berterima kasih kepada George sebagai kreator Star Wars atas semua yang telah diberikan. George memang sangat berperan dalam karier Hamill, tapi ia tidak ingin serakah.

[Gambas:Video CNN]

"Masih banyak kisah untuk diceritakan dan begitu bayak aktor hebat untuk menceritakannya. Mereka tidak membutuhkan saya," kata Hamill.

Meski sudah pensiun, Hamill mengaku masih menonton waralaba Star Wars. Ia juga memberikan respons positif terhadap serial lepas Star Wars, The Mandalorian, yang tayang lewat layanan streaming Disney+. (adp/has)