China Bersiap Buka Kembali Bioskop Secara Bertahap

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Minggu, 07/06/2020 02:07 WIB
Interior of empty dark cinema with rows of red seats with cup holders and popcorn. Concept of entertainment. 3d rendering toned image Ilustrasi. (Istockphoto/RgStudio)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Film Nasional China tengah bersiap untuk kembali membuka bioskop dengan menyesuaikan perkembangan kasus Covid-19 di tiap wilayah.

Melansir Variety, salah satu yang disiapkan adalah terkait penetapan tanggal perilisan film yang akan dikoordinasikan secara nasional. Sejumlah bioskop juga akan dibuka sedikit demi sedikit sesuai dengan perkembangan Covid-19 di masing-masing.

Interstellar menjadi salah satu film yang berpotensi dirilis ulang saat bioskop di China kembali buka.


Sebelumnya, setidaknya 2.000 bioskop di China mulai tutup sejak Januari lalu saat penularan virus corona mulai mewabah.

Pada Senin (23/3) lalu, China sempat membuka kurang lebih 500 bioskop karena Virus Corona mulai terkendali. Namun, pada Sabtu (28/3), bioskop-bioskop kembali ditutup lantaran gelombang kedua pandemi Covid-19.

Dikutip dari The Hollywood Reporter, keputusan pemerintah untuk kembali menutup bioskop saat itu sangat mendadak. Terlebih, sehari sebelumnya 250 bioskop di kawasan Shanghai sudah mendapat izin dari pemerintah kota untuk kembali beroperasi.

Berdasarkan data aplikasi penjualan tiket Maoyan, bioskop yang kembali buka terletak di lima provinsi yakni Xinjiang, Shangdong, Sichuan, serta dua provinsi yang berbatasan dengan Hong Kong, Fujian dan Guangdong.

Selama buka, bioskop tersebut hanya menayangkan film-film yang sudah tayang sebelumnya dan film-film lokal terlaris. Salah satunya Sheep Without a Shepherd yang berhasil memimpin box office lokal pada Senin (23/3).

Berdasarkan data Worldometers per Sabtu (6/6) sore, terdapat 83.030 kasus positif di China. Sebanyak 78.329 kasus dinyatakan sembuh dan sebanyak 4.634 kasus dinyatakan meninggal.

(adp/stu)

[Gambas:Video CNN]