Diprotes, HBO Cabut Iklan yang Tutup Mural Kobe Bryant

CNN Indonesia | Rabu, 17/06/2020 21:57 WIB
(FILES) In this file photo taken on August 06, 2008 Kobe Bryant of US attends a practice session at the Olympic Basketball Gymnasium on the eve of the opening ceremony of the 2008 Beijing Olympic Games. - NBA legend Kobe Bryant died Sunday when a helicopter crashed and burst into flames in foggy conditions in suburban Los Angeles, killing all nine people on board and plunging the sports world into mourning. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP) HBO mencabut papan iklannya yang menutupi salah satu dari mural yang didedikasikan untuk Kobe Bryant di Los Angeles usai kena protes. (Filippo MONTEFORTE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

HBO mencabut papan iklan yang menutupi salah satu dari mural di Los Angeles. Mural tersebut diketahui dibuat untuk mendiang bintang basket Kobe Bryant.

Pencabutan papan iklan ini menyusul protes dari salah seorang pengguna Twitter yang juga direktur senior video sosial The Ringer, Patrick Muldowney.

"Di mana dulu ada mural Kobe, sekarang ada papan iklan HBO," tulis Muldowney pada Selasa (16/6).


Unggahaan itu menjadi perbincangan beberapa pengguna Twitter. Beberapa jam setelah itu, HBO meminta pihak vendor menurunkan papan iklan tersebut dan dikembalikan seperti semula.

Menurut The Wrap, HBO tak menyadari bahwa mural itu akan ditutupi oleh pihak vendor, meski tidak dirusak sama sekali.

Sementara itu, pihak vendor mengatakan pihaknya dan seniman pembuat mural telah sepakat sebelumnya terkait kondisi tersebut bila ada penyewa iklan yang ingin memasang di lokasi tersebut.

"Kami sebenarnya memberikan komisi kepada seniman mural tersebut karena kami akan memasang iklan di atas mural itu. Ide ini seluruhnya disetujui oleh sang seniman dan kami menjaga mural tersebut selama masa pemasangan iklan, dan setelahnya mural itu akan kembali ada," kata pihak penyedia iklan.

"Sang seniman mengatakan kepada kami bahwa ia akan menghubungi siapa pun dan mengatakan untuk memberitahu mereka bahwa ia menyetujui ide ini dan dia mencoba mencari cara kreatif untuk mendukung Kobe's Foundation. Mural ini dimiliki oleh kita semua dan kami menjaganya," lanjutnya.

Menanggapi respons HBO dan vendor yang langsung menurunkan papan iklan itu, Muldowney pun langsung mengabarkan ke media sosial dan mengapresiasi kemunculan kembali mural tersebut.

Mural ini dibuat oleh seniman Gustavo Zermeño Jr. di dekat The Grove di distrik Fairfax Los Angeles, beberapa saat setelah kabar kematian Kobe Bryant dan putrinya karena kecelakaan pesawat, 26 Januari lalu.

(agn/end)

[Gambas:Video CNN]