7 Rekomendasi Kartun Nostalgia 2000-an

CNN Indonesia | Minggu, 05/07/2020 10:38 WIB
Spongebob Squarepants Ilustrasi kartun SpongeBob SquarePants. (SpongeBob SquarePants via Facebook)
Jakarta, CNN Indonesia --

Awal 2000-an menjadi waktu kebangkitan kartun di layar kaca Indonesia. Setiap pagi dan petang, baik hari kerja maupun akhir pekan, selalu ada kartun yang tayang di beberapa saluran televisi lokal.

Namun, persaingan ketat dan perkembangan zaman membuat kartun semakin sulit ditemukan di televisi. Berikut rekomendasi kartun untuk nostalgia tahun 2000-an yang bisa disaksikan melalui sejumlah layanan streaming legal di Indonesia.

SpongeBob SquarePants

Kartun ini menceritakan keseharian SpongeBob SquarePants yang tinggal di Bikini Bottom bersama Gary, peliharaannya. Ia memiliki beberapa teman, yakni Patrick Star, Sandy si tupai. SpongeBob juga bekerja bersama Squidward di Crusty Crab, restoran Tuan Crab.


Dua musim Spongebob Squarepants bisa disaksikan kembali di Netflix dan saluran resmi SpongeBob SquarePants di YouTube.

[Gambas:Youtube]

The Adventure of Jimmy Neutron

Kartun ini menceritakan anak jenius bernama Jimmy Neutron yang tinggal di kota kecil bersama keluarganya. Ia dan beberapa temannya kerap menjalani petualangan luar biasa karena barang-barang penemuan Jimmy.

Film Jimmy Neutron Boy Genius bisa ditonton di Netflix.

[Gambas:Youtube]

Hey Arnold!

Hey Arnold! mengisahkan kehidupan sehari-hari Arnold, anak kelas empat di sebuah kota yang menyerupai Brooklyn, New York. Ia tinggal di rumah kos.

Dalam versi film, Arnold bersama teman-temannya harus menemukan dokumen penting demi menjamin agar tempat tinggal mereka tak dihancurkan.

Hey Arnold! The Movie bisa disaksikan di Netflix.

[Gambas:Youtube]

Rugrats

Rugrats menampilkan kehidupan empat bayi bernama Tommy, Chuckie, serta si kembar Phil dan Lil bersama orang tua dan saudara mereka, Angelica.

Beberapa film Rugrats, seperti Rugrats The Movie, Rugrats Paris The Movie, dan Rugrats Go Wild bisa ditonton di Netflix.

[Gambas:Youtube]

Avatar: The Last Airbender

Kartun ini menceritakan kondisi yang terjadi di antara empat negara, yakni Air, Tanah, Udara, dan Api, setelah Negara Api menyerang. Menguasai keempat elemen, hanya Avatar yang bisa menghentikan kekacauan itu dan mengembalikan kedamaian empat negara.

Avatar: The Last Airbender dapat disaksikan di Netflix.

[Gambas:Youtube]

One Piece

Kisah One Piece fokus pada kehidupan Bajak Laut Topi Jerami dan kapten Monkey D. Luffy yang tubuhnya bersifat karet. Mereka menjelajahi Grand Line untuk mencari harta karun terbesar di dunia yang dikenal sebagai One Piece.

Di Jepang, One Piece konsisten menjadi anime yang paling digemari penonton. Pada 2016, One Piece bahkan ditonton 1,9 juta kali di wadah video daring, membuatnya menjadi anime terpopuler kala itu versi Business Insider.

One Piece bisa disaksikan di GoPlay.

[Gambas:Youtube]

Naruto

Naruto menceritakan kehidupan Naruto Uzumaki, seorang ninja yang aktif, periang, dan ambisius dalam mewujudkan keinginannya menjadi Hokage, pemimpin sekaligus ninja terkuat di desanya. Sembilan musim Naruto bisa disaksikan di Netflix.

[Gambas:Youtube]

Rekomendasi anime nostalgia lainnya bisa dibaca di sini.

(chri/has)