Yo La Tengo Rilis Lagu Baru, Buah Latihan di Tengah Pandemi

CNN Indonesia | Selasa, 14/07/2020 18:30 WIB
US singer  Ira Kaplan,  leader  of Californian group Unit indie rock senior asal AS, Yo La Tengo, tetap aktif berkarya dengan membuat laman bandcamp dan merilis lagu baru meski di tengah pandemi Covid-19. (AFP/Jose Jordan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Unit indie rock senior asal Amerika Serikat, Yo La Tengo, tetap aktif berkarya dengan membuat laman bandcamp dan merilis lagu baru meski di tengah pandemi Covid-19.

Lagu berdurasi hampir enam menit itu dilepas di kanal Bandcamp milik Yo La Tengo dengan tajuk "James and Ira demonstrate mysticism and some confusion holds (Monday)" pada Senin (13/7).

Salah satu personel Yo La Tengo, Ira Kaplan, menjelaskan bahwa proses kreatif lagu ini sangat spontan, layaknya lagu-lagu band mereka terdahulu.


"Jika kalian menghabiskan waktu bersama kami di tempat latihan di Hoboken, kalian akan mendengar kami bermain tanpa bentuk (improvisasi). Kebanyakan lagu kami yang ditulis 25 tahun belakangan memang begitu, tapi kami kerap melakukannya hanya demi menepikan dunia luar," tulis Kaplan di keterangan lagu.

Kaplan kemudian bercerita bahwa mereka mulai berkumpul lagi di studio pada akhir April lalu dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"James memasang mikrofon di tengah ruangan untuk berjaga jika kami tiba-tiba menemukan sesuatu yang bisa berguna di masa mendatang. Kemudian, kami memutuskan untuk merilis yang sedang kami kerjakan sekarang," tulis Ira.

Lagu ini menjadi tindak lanjut dari album ke-15 Yo La Tengo, There's a Riot Going On yang dirilis pada 2018 lalu.

Setelah lagu ini, Yo La Tengo juga dijadwalkan merilis ulang Electr-o-pura pada 4 September mendatang, bertepatan dengan perayaan 25 tahun album itu pertama kali dilepas ke pasaran.

(has/has)