Review Film: The Policeman's Lineage

Naely Himami | CNN Indonesia
Jumat, 28 Jan 2022 19:44 WIB
Review The Policeman's Lineage: sutradara menyajikan kisah ironi antara nurani dan realitas dalam dunia kepolisian melalui film yang dibintangi Choi Woo-shik. Review The Policeman's Lineage: sutradara menyajikan kisah ironi antara nurani dan realitas dalam dunia kepolisian melalui film yang dibintangi Choi Woo-shik. (Arsip Acemaker Movie Works via Hancinema)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bagaimana jadinya bila petugas penegak hukum justru disuap oleh penjahat untuk menangkap penjahat lainnya? Potret ironi itulah yang muncul dalam The Policeman's Lineage yang dibintangi Choi Woo-shik.

Potret ironi yang sekaligus satire dari sutradara Lee Gyu-man itu muncul dalam sebuah adegan di film The Policeman's Lineage. Persisnya ketika gembong penjahat bernama Tuan Kwok menyerahkan uang suap kepada polisi amoral, Park Kang-yoon.

"Tangkap penjahat yang banyak ya," kata Kwok usai menyerahkan uang sebesar US$6.000 atau sekitar Rp86 juta (US$1 = Rp14.352).


Adegan itu hanya sekelumit dari kisah suram dari dunia penegak hukum yang penuh birokrasi. Praktik suap dan nepotisme yang melibatkan para pejabat tinggi di jajaran kepolisian Korea menjadi bahan utama sajian Lee Gyu-man dalam film ini.

Berbagai kisah, yang sebenarnya juga kerap akrab didengar di negeri sendiri, tersebut disajikan dengan gaya satire berbalut pertarungan antara hidup dan mati dari para karakter utamanya.

Sineas Korea memang gemar mengkritik negaranya sendiri. Lihat saja ketika sineas Kim Do-young yang menyinggung budaya patriarki dan diskriminasi gender dalam Kim Ji-young, Born 1982 (2012) hingga Bong Joon-ho dalam Parasite (2019).

Choi Jin-woong sebagai Park Kang-yoo dalam The Policeman's Lineage.Choi Jin-woong sebagai Park Kang-yoo. Review The Policeman's Lineage: sutradara menyajikan kisah ironi antara nurani dan realitas dalam dunia kepolisian. (Leeyang Film via Hancinema)

Langkah serupa diambil Lee Gyu-man dalam The Policeman's Lineage. Cerita film ini sebenarnya terbilang klise, polisi dan suap, yang mana banyak dikisahkan film-film dari negara lain.

Namun Lee memilih membenturkan dua karakter kontras dalam satu wadah yang sama, Park Kang-yoon (Cho Jin-woong) dan Min-jae (Choi Woo-shik).

Park Kang-yoon merupakan polisi senior yang korup dan menggunakan cara ilegal untuk menjalankan tugas, sedangkan Min-jae adalah polisi baru bawahan Kang-yoon yang masih idealis dan bercita-cita luhur.

Kemunculan dua karakter ini sebenarnya terbilang standar, protagonis dan antagonis, baik dan buruk. Apalagi bila mengikuti segala tindak-tanduk Park Kang-yoon dan bagaimana Min-jae menentangnya.

Namun sutradara Lee tak ingin sekadar menyajikan karakter baik melawan karakter jahat, ia justru membenturkan antara nurani dan realita.

Review film The Policeman's Lineage lanjut ke sebelah..

 

[Gambas:Youtube]



Review Film: The Policeman's Lineage

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER