Muslim Oslo Lindungi Sinagoga Yahudi

Reuters, CNN Indonesia | Minggu, 22/02/2015 04:48 WIB
Muslim Oslo Lindungi Sinagoga Yahudi Umat Muslim di Norwegia berbaris melindungi sinagoga Yahudi Oslo sebagai lambang perlindungan dan menentang penembakan singagoga Denmark. (Reuters/Hakon Mosvold Larsen)
Oslo, CNN Indonesia -- Lebih dari 1.000 Muslim membentuk pelindung manusia di seputar sinagoga Oslo sebagai simbol perlindungan bagi komunitas Yahudi di kota itu dan kecaman atas serangan di sinagoga di Denmark minggu lalu.

Dengan berteriak “Tidak pada anti-Semitisme, tidak pada Islamafobia,” Muslim Norwegia membentuk lingkaran yang disebut sebagai lingkaran perdamaian pada hari Sabtu (21/2), satu minggu setelah Omar Abdel Hamid El-Hussein, warga keturunan Pakistan yang lahir di Denmark, menembak dua orang di satu sinagoga dan acara kebebasan berbicara di Kopenhagen.

“Kemanusiaan adalah satu dan kami di sini berniat memperlihatkannya,” ujar Zeeshan Abdullah, salah satu penyelenggara aksi di Oslo, di hadapan seribu imigran Muslim dan warga Norwegia yang memenuhi jalan sempit di satu-satunya sinagoga di Oslo.


“Terlalu banyak pendukung perdamaian daripada pendukung perang,” kata Abdullah, sementara penyelenggara dan pemimpin komunitas Yahudi berdiri berdampingan.

“Masih ada harapan bagi kemanusiaan, bagi perdamaian dan cinta, di balik perbedaan agama dan latar belakang.”

Komunitas Yahudi Norwegia adalah salah satu komunitas paling kecil di Eropa dengan jumlah sekitar 1.000, sementara jumlah warga Muslim terus bertambah karena imigrasi dan kini mencapai 150 ribu hingga 200 ribu.

Jumlah penduduk Norwegia mencapai 5,2 juta orang.

Perdebatan mengenai imigrasi di negara ini mengemuka pada 2011 setelah Anders Behring Breivik membunuh 77 orang dan menuduh pemerintah dan partai Buruh yang berkuasa memfasilitasi imigrasi Muslim dan menodai darah Norwegia.

Akan tetapi dukungan terhadap imigrasi terus bertambah sejak serangan itu dan jajak pendapat tahun lalu menyimpulkan baha 77 persen warga yang datang sebagai imigran memberi sumbangan penting bagi masyarakat Norwegia. (yns)