Pendukung ISIS Sebar 100 Ribu Tweet dalam Sehari

Denny Armandhanu, CNN Indonesia | Senin, 30/03/2015 09:43 WIB
Pendukung ISIS Sebar 100 Ribu Tweet dalam Sehari Kepala Europol Rob Wainright mengatakan bahwa pendukung ISIS memiliki 50 ribu akun Twitter yang berbeda. (Ilustrasi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Para pendukung kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah, ISIS, menyebarkan 100 ribu tweet setiap harinya untuk merencanakan serangan dan propaganda, seperti disampaikan oleh kepala Europol, badan keamanan Uni Eropa, Rob Wainwright.

Diberitakan Al Arabiya, Minggu (29/3), Wainright mengatakan bahwa pendukung ISIS memiliki lebih dari 50 ribu akun Twitter yang berbeda. Mereka mengirimkan 100 ribu pesan setiap harinya untuk mengatur serangan.

Salah satu serangan terbaru yang diklaim ISIS di luar negeri adalah penembakan di museum Tunis, Tunisia, yang menewaskan 23 orang. Menurut Wainwright, kemampuan ISIS di dunia maya menjadi masalah baru yang harus diselesaikan.


"Ada celah kemampuan yang besar yang harus diubah jika kita memang serius memastikan tidak adanya penyalahgunaan internet yang bisa meningkatkan ancaman terorisme," ujar Wainwright.

Selain merencanakan serangan, ISIS menggunakan akun sosial media sebagai alat merekrut pengikut.

Wainwright mengatakan bahwa data penegak hukum soal aktivitas internet kelompok teror masih minim dan harus ditingkatkan, termasuk pengawasan "internet hitam" yang memungkinkan penggunanya menyamarkan identitas di sebuah situs rahasia.

Europol yang bertugas mendukung kerja polisi di seluruh Eropa tengah membentuk gugus tugas khusus untuk mengawasi dan menutup situs yang digunakan mendukung terorisme. Namun Europol yang berbasis di Haque ini tidak memiliki kekuatan eksekutif. (den)