China Akan Sumbang Rp195 M untuk Pencarian MH370

Reuters, CNN Indonesia | Selasa, 24/11/2015 00:24 WIB
China Akan Sumbang Rp195 M untuk Pencarian MH370 China akan memberikan kontribusi A$20 juta (setara Rp195,9 miliar) untuk pencarian pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370. (Dok. CNN.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Republik China berencana memberikan kontribusi A$20 juta atau setara Rp195,9 miliar untuk pencarian pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 yang hilang tahun lalu.

Pencarian pesawat ini adalah yang termahal dalam sejarah penerbangan.

Perdana Menteri China Li Keqiang membuat pengumuman pada pertemuan puncak para pemimpin Asia-Pasifik pada Sabtu (21/11) selama pertemuan dengan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull, menurut pernyataan yang dikutip dari situs pemerintah China.


"Pihak China mengambil tindakan ini sejalan dengan rasa hormat terbesar bagi manusia," kata Li. "Kami berharap bahwa Malaysia dan Australia akan melanjutkan pekerjaan pencarian dan penyelamatan dan menjaga komunikasi yang produktif dengan China."

Sebagai pengingat, Malaysia Airlines MH370 menghilang pada Maret 2014 dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing dengan 239 penumpang dan awak kapal.

Pencarian pesawat telah melibatkan lebih dari dua lusin negara yang melibatkan pesawat, kapal, kapal selam dan satelit.

Para pemimpin dari China, yang warganya sekitar dua-pertiga dari penumpang pesawat, telah berulang kali mengatakan mereka tidak mengupayakan pencarian.

Sejauh ini, pencarian yang telah menghabiskan sekitar A$120 juta di sekitar 60 ribu km persegi dasar laut di lepas pantai Perth, namun tak ditemukan apapun. Pencarian kemudian diperluas ke 60 ribu km persegi lagi, meliputi 95 persen dari jalur penerbangan MH370 itu, dengan biaya sebesar A$50 juta.

Tim pencari menemukan puing bagian sayap di pantai Pulau Reunion di Samudera Hindia tahun ini dan otoritas Malaysia percaya bahwa itu adalah bagian dari MH370. (stu)