Puluhan Kru Sakit, Pesawat British Airways Mendarat Darurat

Riva Dessthania Suastha, CNN Indonesia | Rabu, 26/10/2016 16:55 WIB
Puluhan Kru Sakit, Pesawat British Airways Mendarat Darurat Ilustrasi (Wikipedia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pesawat maskapai British Airways terpaksa melakukan pendaratan darurat di Bandara Internasional Vancouver, Kanada, setelah kapten pilot mengumumkan keadaan darurat medis pada penerbangan Senin (24/10) malam.

Diberitakan Independent, kapten pilot memutuskan melakukan pendaratan darurat setelah sekitar 25 kru pesawat mengalami gangguan kesehatan akibat menghirup asap.

Penerbangan BA286 itu sebelumnya akan bertolak ke London dari San Francisco. Saat berada di ketinggian 37 ribu kaki tepatnya di atas Provinsi Saskatchewan, Kanada, kapten pilot memutuskan mendarat darurat di Vancouver sekitar pukul 11.35 waktu setempat.


Setibanya di Vancouver, para kru pesawat langsung dilarikan ke rumah sakit untuk segera mendapatkan perawatan medis. Kepada CBC, juru bicara rumah sakit Vancouver Coastal Health Laura Kohli membenarkan bahwa 25 orang telah mendapatkan perawatan medis akibat menghirup asap.

Sepuluh pasien telah dibawa ke rumah sakit Richmond dan sisanya dibawa ke rumah sakit umum Vancouver.

Rekaman FlightAware menunjukan pesawat Airbus A380 itu mengubah arah penerbangan yang semula dijadwalkan terbang menuju Bandara Heathrow, London menjadi berbelok ke arah bandara Vancouver, setelah dua jam mengudara.

Pesawat dengan nomor penerbangan BA286 ini lepas landas di San Fransisco sekitar pukul 19.13 waktu lokal dan dijadwalkan untuk tiba di Bandara Heathrow pada Selasa sekitar pukul 13.40 waktu London.

"Pesawat kepergian dari San Fransisco dialihkan ke Vancouver setelah beberapa kru pesawat tidak sehat. Para kru diperiksa sebagai tindakan pencegahan sebelum diperbolehkan pulang," tutur pihak BA walaupun sempat membantah insiden ini.

Melalui akun twitter, salah satu penumpang pesawat, Liz Keller, mengaku tidak mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Keller berujar, para penumpang hanya diberitahu mengenai adanya beberapa kru pesawat yang sakit.

Pihak maskapai telah melakukan penyelidikan terkait insiden ini. Hingga kini, pihak British Airways belum bisa memastikan pendaratan darurat dilakukan akibat adanya asap di dalam pesawat. (den)