Tak Ada Jalur Khusus Untuk Obama di Bandara Bali

Elisa Valenta Sari, CNN Indonesia | Jumat, 23/06/2017 14:47 WIB
Tak Ada Jalur Khusus Untuk Obama di Bandara Bali Namun, Angkasa Pura I berkoordinasi dengan TNI Angkatan Udara dan Kepolisian Republik Indonesia untuk menjamin keamanan Obama. (Jack Brockway/Virgin Handout via REUTERS).
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama akan berlibur ke Indonesia. Ini merupakan kali pertama Obama 'mudik' ke Indonesia usai tak menjabat sebagai pucuk pimpinan negeri Paman Sam tersebut. Dalam jadwal plesirannya, Obama dijadwalkan mendarat di Bali, hari ini, Jumat (23/6).

Berbeda dengan statusnya saat masih menjabat dulu, kali ini Obama tak mendapatkan perlakuan khusus. Pengelola bandara Ngurah Rai, Bali, yaitu PT Angkasa Pura I (Persero) mengatakan tidak menyiapkan pelayanan khusus bagi suami Michelle Obama tersebut.

"Tidak ada pelayanan khusus, tapi memang kami ada melakukan koordinasi dengan pihak keamanan," ujar Sekretaris Perusahaan Angkasa Pura I Israwadi kepada CNNIndonesia.com, Jumat (23/6).


Ia menuturkan, meski Obama orang penting, namun tidak ada Notice To Airmen (Notam) khusus yang memandatkan pihak bandara untuk menyediakan jalur khusus bagi pesawat yang akan ditumpangi oleh Obama dan keluarga.

"Jadi, tidak ada Notam terkait kedatangan mantan orang nomor wahid di AS tersebut, meskipun dikategorikan sebagai tamu VVIP (very very important person)," terang dia.

Israwadi menjelaskan, pihaknya hanya berkoordinasi dengan TNI Angkatan Udara dan Kepolisian Republik Indonesia untuk memastikan keselamatan Presiden AS ke-44 itu terjamin selama di Bali.

Pengamanan juga melibatkan tim Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang telah siap mengamankan daerah perimete bandara. Upaya ini sekaligus dimaksudkan untuk menjaga citra pariwisata Bali di mata turis mancanegara.

Usai berlibur di Bali, Obama dikabarkan akan bertandang ke Yogyakarta. Kemudian, bertolak ke Jakarta pada tanggal 30 Juni, guna memenuhi undangan Presiden Joko Widodo.

Juru Bicara Presiden Jokowi Johan Budi memastikan, Obama diundang makan siang di Istana Bogor.

Selanjutnya, Obama juga dijadwalkan akan menyampaikan pidato dalam Konvensi Diaspora Indonesia di The Kasablanka Hall, Mall Kota Kasablanka, pada Sabtu (1/7). Acara itu dikabarkan berlangsung tertutup, terbatas bagi peserta dan undangan.