Demokrat Dapat Kursi Senat, Trump Kehilangan Mayoritas

Reuters, CNN Indonesia | Rabu, 13/12/2017 12:02 WIB
Demokrat Dapat Kursi Senat, Trump Kehilangan Mayoritas Partai Donald Trump kehilangan mayoritas di Senat setelah kursi salah satu politikusnya jatuh ke tangan Demokrat. (Reuters/Jonathan Ernst)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kandidat Demokrat, Doug Jones, memenangkan perebutan kursi Senat di wilayah konservatif Alabama, Selasa waktu setempat (12/12). Kemenangan ini jadi pukulan bagi Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang kehilangan mayoritas di Senat.

Jones menjadi politikus Demokrat pertama dari Alabama yang terpilih masuk Senat dalam seperempat abad, setelah menang melawan kandidat Republik Roy Moore yang terjegal masalah perbuatan tak senonoh. Kemenangannya membuat partai Trump kehilangan mayoritas dengan perbandingan 51-49.

Pemilu Kongres menjadi perhatian nasional dan memecah suara Partai Republik setelah sejumlah perempuan mengaku didekati Moore ketika mereka masih remaja dan dia berusia 30 tahunan.


Trump mendukung Moore meski pejabat partai lainnya di Washington menarik dukungan. Namun Jones, mantan jaksa berusia 63 tahun, menggambarkan kampanyenya sebagai referendum kesusilaan dan berjanji kepada para pemilih di negara bagian tersebut dirinya tidak akan mempermalukan mereka di Washington.

Moore, konservatif kristen 70 tahun yang dua kali dicopot Mahkamah Agung di Alabama karena melanggar hukum federal, menampik tudingan perbutan tak senonoh  dan mengaku tidak mengenal para perempuan yang melaporkannya. Reuters belum bisa memverifikasi dugaan tersebut secara independen.

Pemimpin Republik di Senat, Mitch McConel, sempat meminta Moore mundur dari pencalonan, dan pejabat Senat lainnya menyiratkan dia akan dipecat jika kembali dipilih.
Trump menggunakan panggilan telepon robot dan berkampanye di perbatasan Florida pada pekan lalu untuk mengumpulkan dukungan bagi Moore. Mantan penasihat senior Trump, Steve Bannon, ikut berkampanye dua kali bersama Moore.

"Roye Moore akan memilih bersama kita. Pilih Roy Moore!" kata Trump melalui Twitter, sembari mengkritik Jones yang dia anggap calon "boneka" kepemimpinan Demokrat di Kongres.

Walau demikian, hasil hitung cepat menunjukkan Trump tak menjadi faktor yang menentukan pilihan sekitar separuh warga Alabama. Sebanyak 29 persen menyatakan memilih untuk menunjukkan dukungan bagi Trump dan 20 persen menyatakan menyampaikan suara untuk menentangnya.

Di Gadsden, Alabama, seorang pensiunan petugas perpustakaan sekaligus pendukung Partai Republik seumur hidup menyatakan memilih Jones dalam pemilu. "Simpel saja," ujar Louis Loveman (73). "Saya tidak percaya Roy Moore."
"Ada terlalau banyak dugaan yang tersebar sehingga saya pikir tidak akan ada asap jika tidak ada api. Saya tidak pernah memilih Demokrat sebelumnya, tapi hari ini saya melakukannya."

(aal)