Duterte Ingin Manny Pacquiao Jadi Penerusnya

CNN Philippines, CNN Indonesia | Senin, 18/12/2017 19:16 WIB
Duterte Ingin Manny Pacquiao Jadi Penerusnya Manny Pacquiao jadi jagoan Presiden Rodrigo Duterte sebagai calon penerusnya memimpin Filipina. (REUTERS/Las Vegas Sun/Steve Marcus)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Rodrigo Duterte ingin petinju sekaligus senator Manny Pacquiao menjadi penerusnya sebagai pemimpin Filipina.

"Saya mendedikasikan pesan ini untuk Manny. Anda tahu mengapa? Saya mengatakan kepadanya suatu hari, ketika kami hanya berdua: 'Gayamu membuat saya ingin menjadikanmu presiden. Kamu tahu, saya bisa melakukannya," kata Duterte dalam pesta ulang tahun Pacquiao, Minggu (17/12).

Duterte memuji senator yang telah menginjak usia 39 tahun itu atas prestasinya sebagai petinju.


"Anda telah membuat bangga negara menjadi juara dunia di bidang tinju. Usaha yang Anda tunjukkan dan kerendahan hati di tengah kemenangan luar biasa ini adalah cerminan yang baik dari warga negara kita," kata Duterte di hadapan Pacquiao dan ratusan tamu.

Pacquiao memenangkan 11 gelar tinju besar dunia. Dia memegang rekor 59 kemenangan, tujuh kekalahan dan dua seri. Terakhir, 'Pacman' dikalahkan oleh petinju asal Australia Jeff Horn pada Juli lalu. 
Duterte mengatakan dirinya senang Pacquiao mendukungnya sebagai pelayanan publik.

"Sebagai seorang senator, Anda telah mendemonstrasikan kualitas pemimpin sejati--seseorang yang meyakini bahwa untuk membuat Filipina jadi negara lebih baik kita mesti memprioritaskan rakyat," kata Duterte, sebagaimana dikutip CNN Philippines.

Sebelum menjadi senator, Pacquiao adalah anggota Kongres dari provinsi Sarangani. Saat pemilihan umum, dia menjadi sorotan karena sering membolos dan melontarkan pernyataan kontroversial terkait masyarakat LGBT.

(aal)