Pertemuan Perdana Korsel dan Korut Digelar di DMZ

Natalia Santi, CNN Indonesia | Selasa, 09/01/2018 10:27 WIB
Pertemuan Korea Selatan dan Korea Utara digelar perdana sejak Desember 2015 di zona demilitarisasi (DMZ). Korea Selatan dan Korea Utara menggelar pertemuan perdana sejak Desember 2015 di zona demilitarisasi (DMZ). (AFP PHOTO / KOREA POOL / - / South Korea OUT)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pertemuan Korsel dan Korut akhirnya digelar. Para wakil dari Korea Selatan dan Korea bertemu langsung untuk pertama kalinya sejak Desember 2015 di zona demilitarisasi (DMZ), Selasa (9/1).

Pertemuan dimulai sekitar pukul 10 waktu Seoul (pukul 8 WIB) di Rumah Perdamaian, wilayah keamanan bersama di DMZ Korea Selatan dan Korea Utara.

Kedua negara diperkirakan akan membahas keikutsertaan Korea utara dalam Olimpiade Musim Dingin yang akan digelar di Pyeongchang, 9-25 Februari 2018 serta masalah-masalah inter-Korea.


[Gambas:Video CNN]

Korut akhirnya menerima tawaran untuk mengadakan pertemuan dengan Korsel pada Jumat (5/1). Pertemuan Korsel dan Korut tersebut dianggap sebagai simbol keinginan pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong-un untuk memperbaiki hubungan dengan Korsel.

Uluran perdamaian Kim Jong-un disampaikan dalam pidato awal tahun 2018. Dalam pidato itu, Kim juga menyatakan keinginan agar Korea Utara disertakan dalam Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan mulai 9 Febriari mendatang.


Tak lama Kim menyampaikan pidatonya, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyatakan kemungkinan dialog dengan Korea Utara. Sejak kampanye hingga terpilih dan dilantik sebagai presiden, Moon telah menyuarakan kebijakan untuk memulihkan hubungan dengan Korea Utara. Pertemuan Korsel dan Korut diperkirakan juga membahas reunifikasi warga lansia Korsel dan Korut.

[Gambas:Video CNN] (nat)