Indonesia Dukung Rencana Pertemuan Trump dan Kim Jong Un

Natalia Santi | CNN Indonesia
Minggu, 11 Mar 2018 22:12 WIB
Indonesia mendukung rencana pertemuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. Indonesia mendukung rencana pertemuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. (Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia mendukung rencana pertemuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. Dukungan Indonesia diberikan kepada semua pihak yang berupaha memperbaiki situasi di Semenanjung Korea.

Itikad baik Trump yang menerima undangan Kim Jong Un disampaikan delegasi Korea Selatan di Washington DC, Jumat (9/3). Kepala Kantor Keamanan Nasional Korea Selatan, Chung Eui-yong di Gedung Putih memberi penjelasan soal hasil pertemuannya dengan Kim Jong Un, Senin sebelumnya. Kepada wartawan Chung juga menyampaikan bahwa Trump menerima undangan Kim dan berharap dapat bertemu pada Mei.

"Indonesia menyambut baik upaya-upaya semua pihak, ke arah perbaikan situasi di semenanjung Korea, termasuk rencana pertemuan Tingkat Tinggi antara AS dan Korea Utara Korea," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Christiawan Nasir kepada CNNIndonesia.com, Minggu (11/3).

Pemerintah Indonesia juga menyambut baik hasil-hasil positif dari kunjungan dua hari utusan khusus Presiden Korea Selatan ke Korea Utara baru-baru ini, yang memberikan harapan baru bagi terwujudnya perdamaian di Semenanjung Korea.

Pemerintah Indonesia mendukung sepenuhnya upaya-upaya ke arah perbaikan dalam hubungan antar kedua Korea, termasuk khususnya rencana penyelenggaraan Pertemuan Tingkat Tinggi di antara kedua pemimpin Korea pada bulan April.

"Pemerintah Indonesia konsisten pada pendiriannya mengenai pentingnya kawasan Semenanjung Korea yang bebas senjata nuklir dan, karena itu, menyerukan kepada semua pihak untuk bekerjasama ke arah itu," kata Arrmanatha yang disampaikan lewat rilis Kemenlu sebelumnya.



Sejumlah kalangan internasional seperti Sekjen PBB Antonio Guterres juga telah menyampaikan dukungannya atas rencana Trump bertemu Kim Jong Un dalam rangka mewujudkan perdamaian di Semenanjung Korea yang bebas nuklir.

(nat/nat)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER