Presiden Palestina Sebut Dubes AS untuk Israel 'Anak Anjing'

Riva Dessthania Suastha, CNN Indonesia | Selasa, 20/03/2018 18:06 WIB
Presiden Palestina Sebut Dubes AS untuk Israel 'Anak Anjing' Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyebut Duta Besar AS untuk Israel, David Friedman,
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyebut Duta Besar Amerika Serikat untuk Israel, David Friedman, "anak anjing" dalam sebuah pidato di Ramallah, Selasa (20/3).

"Duta Besar AS di Tel Aviv itu penjajah dan 'anak anjing'," kata Abbas di depan sejumlah pemimpin Palestina lainnya, Selasa (20/3).

Komentar itu dilontarkan Abbas menanggapi kicauan Friedman di Twitter pada awal pekan ini yang menyebut kawasan Tepi Barat sebagai wilayah Israel.


Dalam kicauannya itu, Friedman menuding otoritas Palestina gagal mengantisipasi serangan mobil yang menyeruduk sekelompok tentara Israel di Tepi Barat pada Jumat pekan lalu.

Dalam pernyataannya itu Friedman menyebut Tepi Barat "wilayah di utara" yang mengisyaratkan bahwa dia menganggap kawasan itu sebagai wilayah Israel, bukan Palestina.

Pernyataan Abbas tersebut menambah pelik perselisihan antara Palestina dan Amerika Serikat sejak Presiden Donald Trump memutuskan mengakui Jerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada Desember lalu.

Padahal, kota suci bagi tiga agama itu selama ini menjadi sumber konflik Palestina dan Israel, di mana kedua negara itu sama-sama menginginkan wilayah tersebut jadi ibu kota.

Gedung Putih mengecam pernyataan "menghina" Abbas kepada Friedman. Washington mengatakan Abbas seharusnya sadar dan mulai memilih antara kebencian atau perdamaian.

"Waktunya sudah tiba bagi Presiden Abbas untuk memilih antara retorika penuh kebencian, atau upaya praktis dan konkret demi meningkatkan kualitas hidup rakyat supaya membawa mereka pada kedamaian dan kemakmuran," ucap asisten Trump, Jason Greenblatt melalui pernyataan singkat seperti dikutip AFP.

Sementara itu, Friedman menganggap perkataan Abbas terhadap dirinya itu bisa dianggap sebagai pernyataan anti-Yahudi.

"Tanggapannya adalah menyebut saya sebagai anak anjing. Apakah kata-kata itu adalah bentuk wacana politik atau anti-Semit? Saya menyerahkan hal ini pada penilaian Anda semua," kata Friedman melalui juru bicaranya. (nat)