Kaca Pesawat Retak di Udara, Penerbangan Terpaksa Dialihkan

Eka Santhika, CNN Indonesia | Kamis, 03/05/2018 01:20 WIB
Kaca Pesawat Retak di Udara, Penerbangan Terpaksa Dialihkan Ilustrasi pesawat Southwest Airlines (AFP/DOMINICK)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pesawat Southwest Airlines di Amerika Serikat terpaksa mengalihkan penerbangan mereka setelah salah satu jendela pesawatnya mengalami keretakan.

Keretakan terjadi pada pesawat Boeing 737-700 dan maskapai yang sama dengan tragedi meledaknya mesin pesawat di Amerika Serikat beberapa waktu lalu. Tragedi itu menewaskan satu orang yang terlempar keluar akibat jendela pecah terkena serpihan mesin yang terbakar.

Pesawat itu sedianya melakukan penerbangan dari Chicago ke Newark, Rabu (2//5). Namun, insiden tersebut membuat kru pesawat mengalihkan penerbangan ke Hopkins International Airport di Cleveland.


Pihak maskapai menyebut pengalihan tersebut dilakukan untuk melakukan peninjauan pemeliharaan pada salah satu lapisan panel jendela. Mereka juga menyampaikan bahwa pesawat berhasil mendarat tanpa gangguan.

"Kami tengah melakukan perawatan dan peninjauan terhadap pesawat dan petugas kami di Cleveland mengakomodasi 76 penumpang ke pesawat baru untuk melanjutkan penerbangan ke Newark," seperti tertulis dalam pernyataan resmi mereka seperti dikutip AFP.

Meski salah satu jendela retak, tapi penerbangan 957 itu berhasil mempertahankan tekanan dalam kabin. Sebab, jendela pesawat memiliki beberapa lapisan panel di setiap jendela.

Pada berbagai foto yang muncul di media sosial menunjukkan keretakan yang cukup panjang pada salah satu jendela di pesawat jet itu.

Berdasarkan pantauan dari situs FlightAware, pesawat Boeing 737-700 itu lepas landas dari Bandara Internasional Chicago Midway pada 8:53 waktu setempat (13:53 GMT) dan mendarat di Cleveland pada 10:46 am.

Tragedi mesin jet terbakar

Beberapa minggu sebelumnya, maskapai yang sama juga baru mengalami tragedi. Serpihan mesin jet yang terbakar ditengah penerbangan memecahkan jendela penumpang dan membuat seorang wanita terlempar keluar dan terhisap oleh mesin jet.

Penerbangan Southwest Flight 1380 itu juga menggunakan pesawat Boeing 737-700 itu tengah dalam penerbangan dari New York ke Dallas pada 17 April.

Presiden Donald Trump lantas menemui kru pesawat dan 149 penumpang yang selamat di Gedung Putih. Ia memberi penghormatan atas kerja bagus dari Kapten Tammie Jo Shults yang berhasil mendaratkan pesawat dengan selamat meski salah satu mesin jet mengalami kerusakan.

Federasi Administrasi Penerbangan telah memerintkan dilakukan pemerinksaan darurat terhadap mesin jet serupa yang pecah saat penerbangan Southwest Airlines. (eks/eks)