Helikopter Militer Rusia Jatuh di Suriah, Dua Pilot Tewas

Riva Dessthania Suastha, CNN Indonesia | Selasa, 08/05/2018 14:08 WIB
Helikopter Militer Rusia Jatuh di Suriah, Dua Pilot Tewas Ilustrasi helikopter Rusia. (REUTERS/Maxim Shemetov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah helikopter militer milik Rusia dilaporkan jatuh di Suriah pada Senin (7/5) malam. Kedua pilot tewas akibat kecelakaan ini.

"Helikopter Ka-52 Rusia jatuh saat terbang rutin di sekitar timur Suriah. Kedua pilot tewas," bunyi pernyataan dalam laporan kantor berita Rusia, TASS, sebagaimana dikutip AFP pada Selasa (8/5).
Laporan TASS menyebut kecelakaan itu diduga terjadi karena "kesalahan teknis." Pihak berwenang dikabarkan telah mengevakuasi dua jenazah pilot.

Insiden ini jadi yang kedua kalinya dalam satu pekan terakhir. Pada 3 Mei lalu, sebuah jet tempur Rusia jatuh tak lama setelah lepas landas dari pangkalan udara.


Kejadian itu juga menewaskan dua pilot pesawat. Dengan insiden terakhir, jumlah korban jiwa yang diakui resmi pemerintah Rusia di Suriah terhitung 88 orang.

Di luar puluhan orang itu, banyak warga Rusia dilaporkan menjadi tentara bayaran pembantu operasi Moskow di Suriah dan tewas di medan perang.
Kehilangan terbesar bagi militer Rusia terjadi ketika sebuah pesawat logistik militer jatuh jelang pendaratan di pangkalan udara Hmeimim, Maret lalu. Seluruh 39 penumpang pesawat tewas.

Rusia mengerahkan militernya ke Suriah pada 2015 lalu guna membantu rezim Presiden Bashar Al-Assad menumpas pemberontak.

(aal)