Buru 4 Buronan Skandal 1MDB, Malaysia Ungkap Tokoh Kunci

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 13/06/2018 05:13 WIB
Buru 4 Buronan Skandal 1MDB, Malaysia Ungkap Tokoh Kunci Malaysia memburu 4 buronan terkait skandal 1Malaysia Development Berhad (1MDB) dan mengungkap satu tokoh kunci. (REUTERS/Olivia Harris)
Jakarta, CNN Indonesia -- Malaysia memburu 4 buronan terkait skandal 1Malaysia Development Berhad (1MDB) dan mengungkap satu tokoh kunci.

Dilansir The Star, untuk pertama kalinya, Komisi Anti-Korupsi (KPK) Malaysia mengungkapkan identitas tokoh kunci dalam skandal 1MDB, Tan Kim Loong.

Dalam sebuah pernyataan KPK Malaysia (MACC/Suruhanjaya Pencegahan Rasuah Malaysia/SPRM) merilis foto Tan, yang juga dikenal sebagai Eric Tan bersama tiga orang lainnya.

Tan disebut-sebut sebagai penandatangan banyak rekening bank di RBS Coutts dan Falcon Bank di Singapura di mana uang dari akun 1MDB diambil.

Menurut SPRM alamat terakhir Tan yang diketahui adalah Taman Pusat Kepong, Kuala Lumpur, dan nomor kartu identitas Malaysia, MyKad-nya,  adalah 780213-14-6207.


Tiga buronan terkait skandal 1MDB lainnya adalah Tang Keng Chee (Casey Tang), 53, Geh Choh Heng, 47 dan Loo Ai Swan (Jasmine Loo), 45.

Tan dikenal sebagai "manusia misterius" dan diduga menyamar dengan nama lain. Rekeningnya adalah RBS Coutts Bank dan Falcon Bank.

Identitasnya telah lama menjadi subyek speksulasi lantaran bank-bank di Singapura tidak pernah melihat sosoknya secara langsung. Mereka hanya berkomunikasi lewat email dan alat komunikasi lainnya.

Tan telah menjadi buronan, bersama dengan pengusaha Low Taek Jho, juga dikenal sebagai Jho Low, sejak Oktober 2016. Tang, Geh dan Loo adalah mantan pegawai dari 1MDB.

Tang adalah seorang eksekutif investasi dan pelopor dalam 1MDB. Geh dan Loo juga bekerja di perusahaan tersebut. Geh merupakan Direktur Eksekutif Keuangan, adapun Loo adalah Penasihat Umum dan Direktur Eksekutif Strategi.

Tang dan Loo telah berada di daftar pencarian orang selamat beberapa tahun. Adapun nama Geh baru muncul kali ini.

Aparat telah mendesak 4 buronan itu untuk melapor atau untuk menghubungi MACC untuk membantu dalam investigasi kasus 1MDB.  "Mereka yang memiliki informasi tentang keberadaan mereka harus menghubungi Nur Aida Arifin di 03-8870 0000 (ext: 0323) atau Nahar Haris (ext: 0388) atau mengirim email kepada mereka di aida_arifin@sprm.gov.my dan nahar.haris@sprm.gov.my atau, mehubungi kantor SPRMterdekat," tulis The Star.



(rgt/nat)