Kemhan AS Siapkan 20 Ribu Tempat Tidur untuk Imigran Anak

AFP, CNN Indonesia | Jumat, 22/06/2018 07:50 WIB
Kemhan AS Siapkan 20 Ribu Tempat Tidur untuk Imigran Anak Kementerian Pertahanan Amerika Serikat akan mempersiapkan sekitar 20 ribu tempat tidur bagi imigran anak tanpa pendamping di markas-markas militer. (Reuters/Lucy Nicholson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Pertahanan Amerika Serikat akan mempersiapkan sekitar 20 ribu tempat tidur bagi imigran anak tanpa pendamping di markas-markas militer.

Juru bicara Pentagon, Jamie Davis, mengatakan kepada AFP bahwa keputusan ini diambil sesuai dengan permintaan dari Kementerian Kesehatan (HHS).

"[Kami diminta] melihat kemampuan kami untuk menyediakan 20 ribu tempat tidur sementara untuk anak sebatang kara di instalasi Kementerian Pertahanan," katanya.


Selama beberapa pekan belakangan, pemerintah AS memang sedang mempertimbangkan penggunaan basis militer untuk menampung anak-anak imigran tanpa orang tua yang menyeberangi perbatasan Meksiko menuju AS.
HHS mempertimbangkan sejumlah markas militer di selatan AS, yaitu tiga di Texas dan satu di Arkansas, untuk menampung para imigran anak tersebut.

"[Sejumlah markas] sudah didatangi oleh HHS untuk kemungkinan dijadikan penampungan, tapi bukan berarti semua anak ditempatkan di sana," ucap Davis.

Namun, Davis memastikan pihaknya akan tetap berkoordinasi dengan HHS untuk menangani masalah imigran anak ini.

Permintaan ini dilayangkan setelah Presiden Donald Trump menandatangani surat perintah untuk mengakhiri aturan pemisahan keluarga imigran yang dikecam oleh banyak pihak.
Di bawah kebijakan tersebut, pihak berwenang dapat mendakwa imigran yang tertangkap menyeberangi perbatasan Meksiko secara ilegal. Sementara orang dewasa di penjara, anak-anak mereka dikirim ke tempat penampungan pemerintah.

Namun, setelah aturan itu dihentikan, timbul masalah baru karena sudah ada 2.342 anak yang sudah dipisahkan dari orang tuanya selama 5 Mei sampai 9 Juni lalu.

Dalam surat perintah itu pun, Trump sudah menginstruksikan Kemhan menyediakan fasilitas untuk menampung keluarga imigran atau membangun tempat baru jika memang dibutuhkan. (has/has)