Turki Tangkap 280 Tersangka Pencucian Uang

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 02/10/2018 19:13 WIB
Turki Tangkap 280 Tersangka Pencucian Uang Ilustrasi. (Istockphoto/D-Keine)
Jakarta, CNN Indonesia -- Turki menangkap 280 tersangka kasus pencucian uang senilai sekitar 2,5 milliar lira atau setara Rp6 miliar ke rekening bank di luar negeri.

CNN Turki melaporkan bahwa ratusan tersangka ini ditangkap dalam operasi besar-besaran kepolisian di 40 provinsi di Turki.

Menurut pernyataan Jaksa yang dikutip oleh CNN, sebagian besar penerima dana tersebut adalah warga Iran di Amerika Serikat.
Masalah transfer uang asing ini menjadi isu sensitif di Turki, khususnya di tengah krisis mata uang.


Tahun ini, nilai lira jatuh sekitar 40 persen terhadap dollar yang membuat presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, melarang dan memperingatkan negaranya agar tidak mengirim uang ke luar negeri jika bukan untuk investasi.

"Kami tidak akan memaafkan mereka yang melakukan penyelundupan uang ke luar negeri jika bukan untuk mengembangkan, menyebarkan bisnis, perdagangan, dan investasi mereka," kata dia pada April lalu.
Namun, tak ada indikasi hubungan antara penyelidikan kali ini dengan dorongan Erdogan untuk tetap mengelola uang di dalam negeri tersebut.

"Para tersangka dituduh melakukan pencucian uang dengan tujuan melakukan kejahatan dan melanggar hukum yang ditujukan untuk mencegah pembiayaan terorisme," kata penasihat Erdogan, Cemil Ertem, sebagaimana dikutip Reuters.

Para tersangka dituduh menerima komisi dengan mengirim uang sebesar 28.808 lira ke rekening di luar negeri. Transfer dilakukan dari berbagai cabang bank dengan jumlah yang lebih dari 5.000 lira. (cin/has)