Mengudara 40 Menit, Pesawat Singapore Airlines Putar Balik

CNN Indonesia | Senin, 05/11/2018 10:35 WIB
Mengudara 40 Menit, Pesawat Singapore Airlines Putar Balik Ilustrasi Singapore Airlines. (AFP Photo/Remy Gabalda)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pesawat maskapai Singapore Airlines (SIA) dengan nomor penerbangan SQ37 rute Los Angeles-Singapura terpaksa putar balik 40 menit setelah lepas landas karena kesalahan teknis.

"Keputusan dibuat untuk kembali ke Los Angeles sekitar 40 menit saat lepas landas, setelah awak pesawat mendeteksi kesalahan pada pengukur oli mesin," kata juru bicara SIA seperti dikutip The Straits Times.

Jubir itu juga mengatakan bahwa pesawat yang membawa 141 penumpang ini melakukan putar balik ketika berada di atas Samudera Pasifik.
Setelah mendarat di Los Angeles, para teknisi melakukan pemeriksaan pesawat dan menyatakan bahwa armada itu sudah layak digunakan kembali.


Akhirnya, pesawat melakukan penerbangan kembali dari Los Angeles pukul 04.00 pada Sabtu (3/11) dan tiba di Singapura pada Minggu (4/11) sekitar pukul 13.00 waktu setempat.

SIA merupakan maskapai penerbangan pertama di dunia yang mengoperasikan layanan penerbangan dengan rute Los Angeles-Singapura menggunakan pesawat baru Airbus 350-900ULR (Ultra-Long-Range).
Pada Juli lalu, maskapai ini mengumumkan penerbangan non-stop rute Singapura dan Los Angeles sebagai bagian dari rencana untuk meningkatkan layanan ke Amerika Serikat.

Mulai 7 Desember mendatang, SIA akan menambah tiga layanan penerbangan setiap minggunya hingga 10 kali per pekan.

Meskipun insiden putar balik ini terjadi, juru bicara SIA mengatakan tidak akan ada perubahan terhadap rencana tersebut. (cin/has)