Pilot Inggris Mengaku Papasan Dengan UFO di Langit Irlandia

CNN Indonesia | Rabu, 14/11/2018 12:25 WIB
Pilot Inggris Mengaku Papasan Dengan UFO di Langit Irlandia Pesawat maskapai British Airways. (Wikipedia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Otoritas Penerbangan Irlandia (IAA) sedang menyelidiki objek terbang tak dikenal (UFO) yang dilihat oleh pilot maskapai British Airways saat terbang melintasi pantai barat Irlandia.

Seperti dilansir The Guardian, Rabu (14/11), pilot maskapai British Airways dengan nomor penerbangan BA94 dari Montreal, Kanada langsung menghubungi Pengendali Lalu Lintas Udara (ATC) karena melihat sebuah objek tidak dikenal dan janggal bergerak melewati pesawatnya.

Peristiwa itu terjadi pada Jumat (9/11) pekan lalu. Sang pilot melaporkan hal tersebut dan bertanya apakah ada latihan militer di jalur penerbangannya.
"Itu bergerak sangat cepat. Itu muncul di sisi kiri kami kemudian dengan cepat berbelok ke utara. Obyek itu terlihat seperti cahaya yang sangat terang dan menghilang dengan kecepatan tinggi," kata pilot tersebut.


Berdasarkan rekaman percakapan dari situs Airlive, pilot tersebut diberitahu bahwa tidak ada latihan militer di daerah tersebut.

"Tidak ada hal yang ditunjukkan pada radar primer atau sekunder," kata ATC.

Pilot itu menyatakan pesawat dan obyek itu tidak berada di jalur tabrakan, namun dirinya bertanya-tanya apa yang terjadi.

Sebelumnya, maskapai penerbangan dari Virgin Airlines dengan rute Orlando-Manchester juga melaporkan hal yang sama. Pilot tersebut menggambarkan pemandangan itu sebagai meteor atau objek lain yang terlihat sangat terang.
"Senang saya bukan satu-satunya," kata pilot tersebut.

Seorang juru bicara dari Otoritas Penerbangan Irlandia mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki insiden itu dan akan memberikan laporan.

"Laporan ini akan diselidiki dalam proses penyelidikan kejadian rahasia yang normal," kata dia kepada Irish Times.

Juru bicara itu menegaskan objek tersebut bukan alien dari planet lain. (cin/ayp)