Jelang Jumpa Xi-Trump, Kapal Induk AS Merapat di Hong Kong

CNN Indonesia | Kamis, 22/11/2018 12:37 WIB
Jelang Jumpa Xi-Trump, Kapal Induk AS Merapat di Hong Kong Ilustrasi USS Ronald Reagan. (STR/JIJI PRESS/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kapal induk Amerika Serikat, USS Ronald Reagan, dilaporkan berlabuh di Hong Kong pada Rabu (22/11), seminggu menjelang pertemuan Presiden Donald Trump dan Presiden China, Xi Jinping, di sela KTT G20 di Argentina.

Dalam kunjungan itu, USS Ronald Reagan didampingi dua kapal penghancur atau destroyer yakni USS Benfold dan USS Curtis Wilbur, serta satu kapal penjelajah USS Chancellorsville.

Angkatan Laut AS juga berencana bertemu dengan penduduk lokal dan menggelar sejumlah kompetisi olahraga.
Media lokal China juga melaporkan personel angkatan bersenjata dan kepolisian China akan turut serta dalam acara tersebut.


Lawatan USS Ronald Regan itu dianggap sebagai salah satu bentuk rekonsiliasi AS-China yang sempat tegang dalam beberapa bulan terakhir.

Pada September lalu, China menolak memberikan izin kapal perang AS untuk berlabuh Hong Kong lantaran kedua belah pihak tengah berseteru terkait perang tarif perdagangan.
Akibat perang dagang itu, China membatalkan rencana pertemuan antara panglima angkatan laut kedua negara.

"Ini adalah bentuk sikap ramah yang ditunjukkan China dengan mengizinkan USS Ronald Reagan mengunjungi Hongkong sebelum pertemuan Presiden Xi dan Presiden Trump berlangsung di Argentina," ucap ahli militer yang berbasis di Beijing, Zhou Chenming, seperti dikutip AFP.

Tak hanya soal perang dagang, Washington dan Beijing juga terlibat cekcok selama KTT APEC yang berlangsung di Papua Nugini pada pekan lalu.

AS dan China berselisih pendapat terkait aturan perdagangan global dalam draf deklarasi bersama pertemuan tersebut.

Perselisihan kedua negara adidaya itu bahkan mengacaukan kesimpulan KTT APEC. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, pertemuan 21 negara Asia-Pasifik itu tidak menghasilkan deklarasi bersama. (rds/has)