Empat Presiden AS Duduk Berdampingan untuk George HW Bush

CNN Indonesia | Kamis, 06/12/2018 08:28 WIB
Empat Presiden AS Duduk Berdampingan untuk George HW Bush Empat presiden AS yang kerap berseteru duduk berdampingan dalam ibadah pemakaman kenegaraan George HW Bush di Katedral Nasional Washington pada Rabu (5/12). (Alex Brandon/Pool via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Empat presiden Amerika Serikat yang kerap berseteru duduk berdampingan dalam ibadah pemakaman kenegaraan George HW Bush di Katedral Nasional Washington pada Rabu (5/12).

Datang bersama istri masing-masing, Donald Trump, Barack Obama, Bill Clinton, dan Jimmy Carter duduk di barisan depan, menghadap langsung ke arah altar, di mana peti George HW Bush diletakkan.

Meski berdampingan, AFP melaporkan bahwa suasana di barisan depan tempat duduk katedral itu terlihat canggung.


Kecanggungan pertama kali terasa ketika Trump tiba di katedral bersama istrinya, Melania, menyusul empat mantan presiden yang sudah lebih dulu duduk di barisan depan.
Melania langsung menjabat tangan Barack Obama dan istrinya, Michelle, juga Bill Clinton yang duduk di sebelahnya. Sang Ibu Negara kemudian melambaikan tangan dan melempar senyum ke arah Hillary Clinton dan Jimmy Carter yang duduk bersama istrinya.

Melania lantas duduk di samping Obama. Sementara itu, Trump langsung mengambil posisi di samping Melania setelah melepas mantelnya, lantas menjabat tangan Obama dan Michelle dari tempat duduknya.

Di sebelah Michelle, Bill Clinton sudah tersenyum dan melihat ke arah Trump, tapi sang presiden langsung kembali ke posisi duduk semula dan menghadap ke altar.
Sementara itu, Hillary Clinton, yang menjadi rival Trump dalam pemilihan umum 2016 lalu, sama sekali tak menengok dan meluruskan pandangannya ke depan.

Di sebelahnya, Presiden Jimmy Carter bersama istrinya hanya melihat Trump dan langsung mengobrol sejenak ketika mengetahui sang presiden sudah mengarahkan pandangannya ke depan.

Situasi berubah ketika putra George HW Bush sekaligus mantan presiden AS, George W Bush, tiba di katedral.
Lima Presiden AS Duduk Berdampingan untuk George HW BushSituasi berubah ketika putra George HW Bush sekaligus mantan presiden AS, George W Bush, tiba di katedral. (Reuters/Kevin Lamarque)
Ia langsung menjabat tangan para presiden tersebut dan menyapa dengan senyum. George W Bush bahkan sempat memberikan permen ketika menyalam Michelle Obama.

Bush kemudian duduk bersama keluarganya di baris depan, sejajar dengan para presiden lainnya.

Suasana mulai cair ketika George W Bush menyampaikan pidato perpisahannya bagi sang ayah yang meninggal dunia pada Jumat lalu di usia 94 tahun.

Menyelipkan gurauan, George W Bush berhasil menyunggingkan senyum pada wajah para presiden.

[Gambas:Video CNN]

Namun di akhir pidato, suara George bergetar. Ia pun meneteskan air mata saat menyampaikan salam perpisahan.

"Melalui air mata kami, kami ingin bersyukur atas berkat karena dapat mencintai dan mengenalmu, pria yang hebat dan mulia, ayah terbaik bagi putra dan putri kami," ucap George W Bush menahan tangis.

Meski demikian, ia mengaku senang mengetahui ayahnya akan dikuburkan di samping ibunya, Barbara, dan adiknya, Robin, yang meninggal akibat leukimia saat masih berusia tiga tahun.

"Dalam duka, kami tetap tersenyum mengetahui bahwa ayah memeluk Robin dan memegang tangan ibu lagi," tutur George W Bush. (has)