PLT Dubes Korut di Italia Dikabarkan Membelot

CNN Indonesia | Kamis, 03/01/2019 11:40 WIB
PLT Dubes Korut di Italia Dikabarkan Membelot Diplomat Korea Utara yang ditugaskan di Italia dikabarkan mengajukan permohonan suaka. Hal ini menambah deretan pejabat negara itu yang membelot. (REUTERS/Denis Balibouse)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang diplomat Korea Utara yang ditugaskan di Italia dikabarkan mengajukan permohonan suaka. Hal ini menambah deretan pejabat tinggi negara itu yang membelot.

Menurut laporan surat kabar Korea Selatan, JoongAngIlbo, diplomat Korea Utara yang membelot itu adalah Pelaksana Tugas Duta Besar untuk Italia, Jo Song Gil (48). Dia disebut mengajukan suaka untuk diri dan keluarganya ke negara Barat yang dirahasiakan.

"Dia mengajukan suaka pada awal bulan lalu," demikian laporan JoongAngIlbo, seperti dikutip AFP, Kamis (3/1)
Pemerintah Italia menyatakan belum bersikap apapun, tetapi kabarnya sang diplomat ditempatkan di lokasi khusus yang dijamin aman.


Jo ditugaskan di Roma sejak Oktober 2017, setelah Italia mengusir duta besar sebelumnya, Mun Jong Nam sebagai bentuk protes atas uji nuklir sebulan sebelumnya yang melanggar keputusan Perserikatan Bangsa-bangsa. Jo disebut sebagai menantu salah satu pejabat tinggi di Korea Utara.

Lazimnya para diplomat Korea Utara yang ditugaskan ke luar negeri harus meninggalkan keluarga mereka di kampung halaman. Hal itu sebagai 'jaminan' supaya mereka tidak membelot.

Hanya saja, Jo tiba di Roma pada 2015 beserta anak dan istrinya. Diduga kuat dia mendapat hak khusus karena mertuanya. Sedangkan alasannya mengajukan suaka juga masih belum jelas.
Diplomat Korea Utara lain yang membelot adalah Thae Yong Ho pada 2016. Saat itu dia ditugaskan menjadi Wakil Duta Besar Korut di Ibu Kota London, Inggris. (ayp/ayp)