Trump Ingin Bertemu Kim Jong-un Lagi Tahun Ini

CNN Indonesia | Rabu, 02/01/2019 10:01 WIB
Trump Ingin Bertemu Kim Jong-un Lagi Tahun Ini Presiden AS, Donald Trump menyatakan ingin kembali bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un pada tahun ini. (Reuters/Carlos Barria)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika SerikatDonald Trump menyatakan keinginannya untuk kembali bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Korea UtaraKim Jong-un pada tahun ini. Keduanya pertema kali bertatap muka pada Juni 2018 dalam konferensi yang dihelat di Singapura.

"Saya juga menantikan pertemuan dengan Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un yang menyadari dengan sangat baik bahwa Korea Utara memiliki potensi ekonomi yang besar," kicau Trump singkat melalui Twitternya pada Selasa (1/1) kemarin.

Pernyataan itu dibuat Trump setelah mengutip salah satu pemberitaan media yang melaporkan Kim Jong-un dalam pidato tahun barunya bersumpah tidak akan membuat atau menguji coba senjata nuklir lagi.
Kim Jong-un memang telah menyepakati denuklirisasi dalam pertemuannya dengan Trump di Singapura pada 12 Juni 2018.


Kedua pemipin itu menandatangani dokumen berisikan kesepakatan untuk menuju proses denuklirisasi di Semenanjung Korea. Namun, hingga kini kesepakatan denuklirisasi itu dianggap tak membuahkan hasil signifikan. Baik AS maupun Korut sama-sama kesulitan untuk membuat kemajuan denuklirisasi akibat perbedaan keinginan.

AS menginginkan Korut melucuti nuklir sepenuhnya sebelum menghapus semua sanksi yang selama ini dijatuhkan terhadap negara terisolasi itu.

Di sisi lain, Pyongyang menginginkan Washington pelan-pelan mencabut sanksi sembari mereka memproses pelucutan senjata nuklir.
Sejak pertemuan tinggi AS-Korut pada Juni lalu, media pemerintah Korut memuji kesediaan Trump yang ingin melanjutkan dialog dengan Pyongyang. Namun, di saat bersamaan Korut mengecam Kementerian Luar Negeri AS karena terus menekan negaranya dengan sanksi.

Dilansir AFP, dalam pidato tahun barunya, Kim menegaskan Korut terpaksa mencari cara baru untuk mempertahankan kedaulatan dan kepentingan utama negara, jika AS tetap menekan negaranya dengan sanksi.

Kim Jong-un juga menuturkan kesediannya untuk bertemu Trump kapan saja dan akan berupaya memperoleh hasil signifikan yang akan disambut baik oleh masyarakat internasional.

Berikut ini adalah video pidato tahun baru Kim Jong-un:
[Gambas:Video CNN] (rds/ayp)