Arab Saudi Rayakan Idul Fitri Hari Ini, Suriah Besok

CNN Indonesia | Selasa, 04/06/2019 16:09 WIB
Arab Saudi Rayakan Idul Fitri Hari Ini, Suriah Besok Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Arab Saudi merayakan Idul Fitri pada hari ini, Selasa (4/6), sementara Suriah baru Lebaran besok, sama seperti Indonesia.

Pengadilan Tertinggi Saudi memastikan hari Lebaran ini dalam sidang isbat pada Senin (3/6), berdasarkan kesaksian sejumlah saksi dewasa.
Para saksi mengonfirmasi bahwa mereka sudah melihat hilal penanda awal syawal setelah matahari terbenam.

"Mempertimbangkan laporan rukyatul hilal, Selasa (4/6) adalah hari pertama Syawal atau Idul Fitri 1440H," demikian pernyataan Pengadilan Kerajaan Saudi seperti dilansir Saudi Press Agency (SPA) yang dikutip Antara.


Pengadilan Tertinggi pun mengucapkan selamat Idul Fitri kepada Pelayan Dua Masjid Suci, Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman, pemerintah, rakyat Saudi, juga semua orang yang sedang berada di negara tersebut.
Sementara itu, hakim agama tertinggi Damaskus, Mahmoud Maarawi, mengumumkan bahwa Idul Fitri di Suriah jatuh pada Rabu (5/6).

"Hilal awal Syawal tidak terlihat pada Senin, jadi hari pertama Syawal jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019, yang bertepatan dengan hari pertama Idul Fitri di Suriah," ucap Maarawi sebagaimana dikutip kantor berita Suriah, SANA.

Menjelang hari raya ini, Sekretaris Jenderal Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), Yousef bin Ahmed Al-Othaimeen, menyampaikan selamat Idul Fitri kepada seluruh negara anggota. (has/has)