Alasan Ratu Inggris Punya Dua Pesta Ulang Tahun

CNN Indonesia | Minggu, 09/06/2019 09:39 WIB
Alasan Ratu Inggris Punya Dua Pesta Ulang Tahun Ratu Inggris Elizabeth dan anjing peliharaannya. (Annie Leibovitz via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tahun ini Ratu Inggris Elizabeth berusia 93 tahun. Merujuk catatan kelahiran resmi, nenek dari Pangeran William dan Pangeran Harry ini lahir pada 21 April 1926. Namun nyatanya sang ratu punya dua pesta ulang tahun.

Pesta ulang tahun resmi dan publik menjadi hal biasa bagi pemimpin kerajaan. Pesta ulang tahun bagi publik merupakan pesta bagi rakyat di kala kerajaan bercuaca cerah.

Oleh karena itu, pesta publik yang disebut Trooping of the Colour dirayakan saat musim panas.



Untuk pesta ulang tahun resmi tahun ini, Ratu Elizabeth merayakannya bersama keluarga Kerajaan Inggris, yang diawali dengan mendatangi acara Paskah di gereja.

Dan pesta ulang tahun publik tahun ini dirayakan rakyat Inggris pada Sabtu (8/6). Parade pesawat Angkatan Udara Inggris menjadi hal yang sangat ditunggu, bahkan oleh anak-anak kerajaan yang setia berdiri di balkon Istana Buckingham.

Keistimewaan dua pesta ulang tahun bukan cuma dinikmati Ratu Elizabeth. Pendahulunya, Raja Edward VII, juga menikmati hal yang sama.

Raja Edward VII lahir pada November, bulan yang sarat mendung dan hawa dingin di Inggris. Pesta ulang tahun publiknya lalu dirayakan sekitar Mei dan Juni.

Mengutip berbagai situs sejarah, tradisi ini telah berlangsung semenjak kepemimpinan Raja George II pada 1748.

Sejak itu Pesta ulang tahun publik pemimpin Kerajaan Inggris digelar pada Sabtu mingu kedua di bulan Juni.

Hingga kini pesta ulang tahun publik menjadi perayaan yang paling ditunggu oleh rakyat, tidak lupa turis di zaman modern.


[Gambas:Video CNN] (ard/ard)