Boko Haram Diduga Bunuh Tentara di Pangkalan Militer Nigeria

CNN Indonesia | Rabu, 19/06/2019 02:57 WIB
Boko Haram Diduga Bunuh Tentara di Pangkalan Militer Nigeria Boko Haram. (REUTERS/Emmanuel Braun)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kelompok militan Boko Haram diduga menewaskan 15 tentara di sebuah pangkalan militer di timur laut Nigeria. Mereka mencuri senjata sebelum menjarah toko-toko di kota terdekat.

Operasi pencarian dilakukan pada Senin (17/6) malam, sehari setelah 30 orang tewas dalam tiga kali bom bunuh diri yang juga menandai aksi kelompok Boko Haram.


"Lima belas mayat tentara sejauh ini telah ditemukan dalam operasi pencarian dan penyelamatan," kata seorang perwira militer yang meminta tidak disebutkan namanya, kepada AFP setelah serangan terbaru.


"Angka ini dapat berubah karena operasi masih berlangsung dan banyak pasukan tetap tidak diketahui," katanya.

Tiga serangan bom bunuh diri mengguncang Kota Konduga, kawasan timur laut Nigeria pada Senin (17/6). Sebanyak 30 orang dilaporkan meninggal dalam peristiwa itu.

Peristiwa itu terjadi di sebuah balai di mana warga sedang menyaksikan pertandingan sepakbola. Tiga pelaku meledakkan bom di luar gedung hingga menyebabkan jatuhnya korban jiwa.


Diduga kuat serangan itu dilakukan oleh faksi Boko Haram yang bersembunyi di hutan Sambisa, dekat Konduga.

Insiden terjadi pukul 09.00 waktu setempat. Sebelum kejadian, pemilik balai pertemuan itu sempat menghalangi pelaku.

"Sempat terjadi adu mulut antara pemilik bangunan dan pelaku, sebelum akhirnya terjadi ledakan," kata kepala keamanan setempat, Ali Hassan, dikutip AFP.

Selama satu dekade aksi teror kelompok Boko Haram telah menewaskan sekitar 27 ribu orang dan menyebabkan sekitar dua juta orang di Nigeria mengungsi.


[Gambas:Video CNN] (AFP/pmg)