China Bakal Perluas Isolasi hingga ke Beijing Cegah Corona

CNN Indonesia | Minggu, 26/01/2020 21:11 WIB
China Bakal Perluas Isolasi hingga ke Beijing Cegah Corona Virus Corona yang mewabah di China. (Hector RETAMAL / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --
Otoritas China memberlakukan kebijakan isolasi untuk melawan penyebaran virus corona. Di antaranya adalah menghentikan layanan bus luar kota dan melarang perdagangan daging hewan liar di beberapa provinsi.
Secara khusus, China juga telah mengisolasi Provinsi Hubei, khususnya daerah Wuhan yang diduga merupakan tempat berasalnya virus corona.
Dilansir dari AFP, Minggu (26/1), Pemerintah Daerah Shanghai menghentikan seluruh layanan bus yang masuk atau ke luar kota. Kebijakan ini guna mendukung pihak otoritas China yang memblokir penyebaran virus corona.
 
Kebijakan yang diambil akan berlaku sesegera mungkin, ke depannya kebijakan akan dilakukan di ibu kota Beijing, dua kota di utara China dan provinsi timur Shandong.
Sebagai langkah mitigasi terhadap virus corona, China juga memerintahkan pelarangan sementara perdagangan hewan liar. Virus corona diduga tersebar melalui daging hewan liar seperti kelelawar dan ular.
 
Pemerintah melarang masyarakat China untuk memelihara, mengangkut. atau menjual spesies hewan liar dari tanggal pemberlakuan aturan hingga situasi epidemi nasional berakhir.
China juga mengeluarkan pembatasan perjalanan drastis untuk menahan penularan virus corona. China telah mengunci provinsi Hubei untuk melawan virus yang disebut Presiden Xi Jinping sebagai ancaman serius.
 
Virus mematikan, yang telah menyebabkan 56 kematian dan menginfeksi hampir dua ribu orang di Cina. Virus corona juga menyebar ke berbagai negara, virus diduga berasal dari pasar di pusat Kota Wuhan.
 



(jnp/ain)