KILAS INTERNASIONAL

Erdogan Dikecam soal Hagia Sophia hingga TKI Etty Kena Corona

AFP, CNN Indonesia | Senin, 13/07/2020 06:25 WIB
Turkey's President Recep Tayyip Erdogan, waves to supporters during an event in Ankara, Turkey, Saturday, Oct. 5, 2019. Turkey's president threatened Saturday to launch a solo military operation into northeastern Syria, where U.S. troops are deployed and have been trying to defuse tension between its NATO ally and Syrian Kurdish forces. (Presidential Press Service via AP, Pool) Presiden Turki. Recep Tayyip Erdogan. (Foto: (Presidential Press Service via AP, Pool)
Jakarta, CNN Indonesia --

Serangkaian peristiwa terjadi pada Minggu (12/7) dirangkum dalam kilas internasional. Mulai dari Erdogan buka suara Hagia Sophia hingga TKI Etty positif corona dan 127 orang yang ada di dalam pesawat yang sama.

Erdogan Buka Suara Usai Dikecam soal Hagia Sophia

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akhirnya buka suara menanggapi kecaman dari seluruh dunia atas keputusannya memfungsikan kembali situs warisan dunia Hagia Sophia menjadi masjid.


"Keputusan ini tidak dibuat dengan mendengar apa yang orang lain katakan, tapi mempertimbangkan apa yang menjadi hak kami dan apa yang diinginkan negara kami [Turki]," ujar Erdogan, Sabtu (11/7) waktu setempat, melansir AFP.

Erdogan menegaskan bahwa keputusan tersebut diambil mewakili keinginan Turki dalam menggunakan hak kedaulatan yang dimiliki.

"Mereka yang tidak melawan Islamofobia di negaranya menyerang keinginan Turki untuk menggunakan hak-hak kedaulatannya," kata Erdogan melalui sebuah video.

Erdogan Pastikan Ikon Kristen Tetap Ada di Hagia Sophia

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memastikan ikon Kristen akan tetap ada di Hagia Sophia meski beralih fungsi menjadi masjid.

Pemerintah Turki menyatakan keputusan itu tak serta menjadikan Hagia Sophia eksklusif untuk umat muslim. Katanya, gedung warisan dunia ini akan terbuka untuk seluruh kalangan baik muslim dan non-muslim.

Lebih lanjut, dengan berubahnya status Hagia Sophia dari museum menjadi masjid, Edrogan menyebut para pengunjung tak lagi harus membayar untuk masuk ke Hagia Sophia alias gratis.

"Karena status museum telah berubah, kami membatalkan biaya masuk. Seperti masjid lainnya, pintu akan terbuka untuk semua orang. Dengan status yang baru, Haiga Sophia akan merangkul semua orang dengan lebih tulus," kata Edrogan seperti dilansir dari CNN pada Minggu (12/7).

TKI Etty Positif Corona, 127 Orang Disebut Ada di Pesawat

Setidaknya 127 orang berada dalam pesawat yang membawa tenaga kerja Indonesia (TKI) Etty Binti Toyib Anwar dari Arab Saudi ke Indonesia. Etty telah dinyatakan positif Covid-19 (corona) pada pekan ini.

Etty tiba di Tanah Air pada Senin (6/7) sore di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang menggunakan pesawat Saudi Arabia Airlines. Keesokan harinya ia menjalani tes swab dan hasilnya keluar pada Jumat (9/7) kemarin. Setelah dinyatakan positif ia kemudian dibawa ke Rumah Sakit Darurat Corona Wisma Atlet untuk mendapat perawatan dan diisolasi.

Menurut Kepala Badan perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani, ada beberapa tim pemerintah yang ikut mendampingi Etty selama proses pemulangan dari Saudi hingga tiba di Indonesia.

Ia juga memaparkan setidaknya ada 127 orang yang ikut dalam pesawat yang membawa Etty dari Saudi ke Indonesia.

"Kalau soal contact tracing saya tidak tahu pasti, itu ranah gugus tugas, tapi setahu saya ada sekitar 127 orang yang satu pesawat bersama Etty," kata Benny saat dihubungi CNNIndonesia.com.

(evn/evn)

[Gambas:Video CNN]