Trump Sebut Vaksin Corona Bisa Diproduksi Sebelum Pilpres AS

afp, CNN Indonesia | Jumat, 07/08/2020 03:01 WIB
Presiden AS Donald Trump optimistis AS dapat memproduksi vaksin virus corona secara massal sebelum Pilpres yang digelar pada 3 November 2020. Presiden AS Donald Trump optimistis AS dapat memproduksi vaksin virus corona secara massal sebelum Pilpres AS yang digelar pada 3 November 2020. (AP/Alex Brandon).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden AS Donald Trump meyakini vaksin corona dapat segera diproduksi secara massal di negeri Paman Sam. Bahkan, ia membuka kemungkinan produksi besar-besaran dapat dilakukan sebelum Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) AS yang digelar pada 3 November 2020.

Pernyataan itu ia lontarkan sebagai respons saat diwawancara dalam sebuah talkshow radio lokal. Dalam acara tersebut, penyiar menanyakan tentang kemungkinan vaksin corona diproduksi sebelum pilpres.

"Saya rasa dalam beberapa kasus, ya, mungkin bisa sebelumnya. Tapi sekitar tanggal tersebut," ujar Trump seperti dilansir AFP, Jumat (6/8).


Trump mengklaim banyak vaksin corona yang tengah dikembangkan.

"Tampaknya kita akan menjadi sangat ahli dalam vaksin maupun perawatan," ujarnya.

Pada kesempatan terpisah, pakar penyakit infeksi AS yang juga penasihat kesehatan Gedung Putih Anthony Faucy mengaku optimis secara hati-hati akan keberhasilan penemuan vaksin corona.

"Pada waktu tertentu jelang akhir tahun, awal 2021, kita akan mengetahui apakah mereka memiliki vaksin yang efektif dan aman," ujar Faucy.

AS telah menghabiskan miliaran dolar untuk pengembangan vaksin corona. Selain itu, pemerintah juga. berinvestasi pada pembangunan pabrik perusahaan yang memproduksi jarum suntik hingga pengembangan perawatan.

Tak hanya itu, negeri Paman Sam juga memborong hampir seluruh stok obat antiviral remdesivir yang akan diproduksi hingga September. Sebagai catatan, remdesivir digunakan untuk pengobatan pasien covid-19.

(sfr)

[Gambas:Video CNN]