KILAS INTERNASIONAL

Biden Larang Puluhan Negara Masuk hingga Kapal AS di LCS

CNN Indonesia | Selasa, 26/01/2021 06:38 WIB
Joe Biden larang masuk puluhan negara terkait corona hingga kapal induk AS latihan di Laut China Selatan, ramaikan berita internasional (25/1). Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (AP/Patrick Semansky)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Senin (25//1). Mulai dari Presiden Amerika Serikat, Joe Biden melarang masuk puluhan negara terkait corona hingga kapal induk AS latihan di Laut China Selatan.

1. Biden Batalkan Pencabutan Larangan Masuk ke AS Terkait Corona

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, membatalkan keputusan pendahulunya, Donald Trump, dan kembali menerapkan larangan masuk bagi penduduk dari sejumlah negara di dunia untuk berkunjung ke AS akibat virus corona (Covid-19).

Dalam aturan terbaru itu, Biden turut melarang penduduk Afrika Selatan, Brasil, Inggris dan Irlandia datang ke AS untuk sementara waktu.


Dilansir Associated Press, Senin (25/1), Biden melarang penduduk Afrika Selatan berkunjung untuk sementara karena di negara itu tengah terjadi penyebaran virus corona jenis baru.

2. Terjebak 2 Pekan, 10 Penambang Emas China Ditemukan Tewas

Tim penyelamat China berhasil menemukan sembilan penambang emas yang tewas pada Minggu (24/1). Dengan begitu jumlah korban tewas hingga saat ini menjadi 10 orang dan satu lainnya masih hilang.

Sekitar 11 penambang berhasil diselamatkan dalam kondisi hidup, dengan satu orang diantaranya dalam kondisi lemah. Sebagian besar dalam kondisi baik, kendati mulai lemas.

Wali Kota Yantai Chen Fei mengatakan jika tim penyelamat masih melakukan pencarian hingga Senin (25/1) sore dan telah menemukan total sembilan mayat penambang.

3. Kapal Induk AS Latihan di LCS, China Kerahkan Puluhan Jet

Belasan jet tempur China dilaporkan menerobos wilayah pertahanan udara Taiwan dua kali pada akhir pekan lalu.

Kementerian Pertahanan Taiwan menuturkan 13 pesawat militer China memasuki bagian barat daya Zona Identifikasi pertahanan udara (ADIZ) negaranya pada Minggu (24/1).

Sehari sebelumnya, sebanyak 15 jet tempur China juga dilaporkan melakukan penerbangan serupa.

Kemhan Taiwan memaparkan negaranya mengerahkan beberapa pesawat tempur untuk memantau pergerakan belasan jet China tersebut.

(dea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK