KILAS INTERNASIONAL

Pantai di Saudi Izinkan Bikini hingga Transpuan Jenderal AS

rds | CNN Indonesia
Jumat, 22 Oct 2021 06:26 WIB
Cerita WNI soal pantai di Saudi yang izinkan bikini hingga transpuan pertama jadi jenderal di AS meramaikan berita internasional Kamis (21/10). Selain Pure Beach, banyak pantai privat di Jeddah yang menawarkan kebebasan serupa bagi pengunjung. (Foto: AFP/FAYEZ NURELDINE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah peristiwa meramaikan berita internasional pada Kamis (21/10) mulai dari cerita WNI soal pantai di Arab Saudi yang izinkan memakai bikini, Amerika Serikat dikabarkan bujuk Saudi normalisasi hubungan dengan Israel, hingga transpuan pertama jadi jenderal AS.

1. Mengenal Pure Beach, Pantai di Saudi yang Bebaskan Bikini

Arab Saudi kembali menjadi sorotan publik terutama ketika salah satu pantainya, Pure Beach, mengizinkan pasangan kekasih bercengkerama dan perempuan memakai bikini.

Pure Beach terletak di King Abdullah Economic City, sekitar 125 kilometer dari kota internasional Jeddah.


Salah satu pengunjung, Asma, mengaku senang bahwa kini dia bisa menghabiskan waktu bersama sang kekasih di tanpa khawatir melanggar aturan syariat Islam yang diterapkan Saudi.

Namun, Asma dan sang kekasih harus rela merogoh kocek sebesar 300 riyal atau sekitar Rp1,12 juta per orang untuk bisa masuk ke Pure Beach yang merupakan pantai privat agar dapat menikmati "kebebasan" tersebut.


2. Rusia Deteksi Mutasi Covid Baru Lebih Ganas dari Varian Delta

Rusia melaporkan sejumlah infeksi Covid-19 berasal dari virus mutasi coronabaru yang diyakini lebih menular dari varian Delta.

Kepada kantor berita Rusia, RIA, peneliti senior organisasi pemantau konsumen negara, Kamil Khafizov, mutasi baru virus corona itu dikenal dengan AY.4.2 dan dikhawatirkan akan menyebar luas.

Dikutip Reuters, Khafizov menduga varian AY.4.2 ini menjadi salah satu penyebab infeksi Covid-19 yang terus meningkat dan mencapai rekor tertinggi di Rusia dalam beberapa waktu terakhir.


3. AS Dikabarkan Temui Pangeran Saudi Bahas Normalisasi Israel

Penasihat Keamanan Amerika Serikat, Jake Sullivan, dilaporkan membicarakan kemungkinan normalisasi hubungan antara Arab Saudi dan Israel saat bertemu dengan Pangeran Mohammed bin Salman pada September lalu.

Tiga pejabat AS dan seorang sumber dari pemerintah Saudi mengonfirmasi perbincangan tersebut kepada media independen Axios. Menurut mereka, Saudi tak menolak usulan Sullivan itu.

Mohammed kemudian menyodorkan daftar langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum perjanjian normalisasi semacam itu dapat ditindaklanjuti.

Langkah-langkah itu termasuk peningkatan hubungan bilateral AS-Saudi usai regang sejak pergantian pemerintahan ke era Presiden Joe Biden. Sejak menjabat,Biden kerap mengkritik hak asasi manusia di Saudi.


4. Rachel Levine, Transpuan Pertama Berpangkat Jenderal di AS

Wakil Menteri Kesehatan Amerika Serikat, Rachel Levine, mencatat sejarah sebagai transpuan pertama yang dilantik sebagai jenderal bintang empat di Negeri Paman Sam.

Dengan pelantikan pada Selasa (19/10) itu, Levine kini menjabat sebagai laksamana Korps Layanan Kesehatan Masyarakat AS.

"Ini kesempatan penting, dan saya merasa terhormat mengemban jabatan ini untuk dampak yang bisa saya buat dan sejarah yang dilambangkannya" ujar Levine saat upacara pelantikannya, seperti dikutip CNN, Selasa (19/10).



(rds/rds)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER