6 Cara Aneh Kim Jong-un Tangani Krisis Pangan Korut

CNN Indonesia
Jumat, 19 Nov 2021 15:43 WIB
Kim Jong-un dikabarkan menerapkan aturan yang tak biasa demi menghadapi krisis pangan Korea Utara yang terus memburuk. Kim Jong-un dikabarkan menerapkan aturan yang tak biasa demi menghadapi krisis pangan Korea Utara yang terus memburuk. (Foto: AFP/KIM WON JIN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Krisis pangan di Korea Utara dikabarkan terus memburuk menyusul penutupan perbatasan akibat pandemi Covid-19 yang belum juga usai.

Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) menyatakan Korut menghadapi kekurangan pangan sekitar 860 ribu ton pada tahun ini.

Kelembapan tanah dan banjir yang melanda ladang tanaman di Korut juga memperparah krisis pangan lantaran sebagian besar hasil panen gagal.


Akibat krisis pangan ini, Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong-un menerapkan berbagai cara nyeleneh untuk menyelamatkan warganya dari krisis kelaparan.

Berikut daftar aturan nyentrik yang diterapkan Kim Jong-un dalam menghadapi krisis pangan.

1. Suruh Warga Makan Angsa Hitam

Kim Jong-un dikabarkan meminta pemerintah dan masyarakat Korut membiakkan angsa hitam hias sebagai bahan pangan alternatif. Warga Korut diminta berinovasi agar bisa bertahan di tengah krisis ekonomi dan pangan.

Media pemerintah Korut juga mempromosikan konsumsi daging angsa hitam kepada warganya.

"Daging angsa hitam enak dan memiliki manfaat dalam pengobatan," bunyi laporan surat kabar partai Buruh Korut, Rodong Sinmun, Senin (25/10).


2. Ajak Warga Ternak Kelinci

Selain mengonsumsi angsa hitam, warga Korut juga diajak beternak kelinci untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka.

Meski sebagian publik menganggap perintah ini aneh, tapi sejumlah pakar tak begitu heran karena daging kelinci memang biasa dijadikan makanan di berbagai daerah di dunia.


3. Suruh Warga Kurangi Makan

Seorang warga Korut bercerita kepada Radio Free Asia bahwa pemerintah Korut sempat berkunjung ke rumah-rumah warga untuk memberi tahu bahwa krisis pangan kemungkinan masih akan melanda hingga 2025.

"Situasi pangan sekarang saja sudah gawat dan warga menderita. Ketika pemerintah meminta warga untuk berhemat dan mengonsumsi makanan lebih sedikit hingga 2025, mereka tak bisa berbuat apa pun. Hanya dapat sedih," ujar warga yang enggan diungkap identitasnya itu.

3 jurus nyeleneh Kim Jong-un lainnya bisa di baca di halaman berikutnya >>>

Hukum Warga hingga Jual Beras Jatah Tentara

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER