4 Perintah Kim Jong-un di Awal 2022, Paksa Eks Tentara Bertani

CNN Indonesia
Minggu, 09 Jan 2022 07:25 WIB
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, mengeluarkan beragam perintah di awal 2022, paksa eks tentara bertani hingga uji coba rudal hipersonik. Kim Jong-un memerintahkan eks tentara bertani demi atasi krisis Korut. (via REUTERS/KCNA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, mengeluarkan beragam perintah di awal 2022.

Aturan itu seperti memaksa mantan pasukan militer untuk bertani hingga tak menghadiri Olimpiade Musim Dingin di Beijing.

1. Paksa Eks Tentara Jadi Petani

Pemerintah Korut memaksa eks tentara untuk bertani sebagai bagian dari strategi peningkatan produksi agrikultur Pyongyang.


Setiap laki-laki Korut harus melakukan wajib militer selama tujuh tahun usai lulus sekolah menengah. Namun, prajurit yang pensiun saat ini memberi layanan militer minimal sepuluh tahun.

"Otoritas membuat keputusan ini dalam rapat pleno keempat Komite Sentral Partai Buruh Korea pada akhir Desember. Mereka akan mengirim sekelompok tentara yang sudah berhenti ke ladang," kata seorang pejabat dari Pyongan Utara kepada Radio Free Asia pada awal Januari lalu.

Banyak di antara mantan tentara yang merasa kesal dengan aturan itu.

2. Konser Anak Anti-Propaganda AS

Pemerintah Korea Utara menggelar konser anak-anak menampilkan propaganda anti-Amerika Serikat hingga pencegahan Covid-19. Negara ini, memang kerap mengadakan konser anak-anak tahunan dalam rangka menyambut Tahun Baru.

Konser itu mempromosikan propaganda anti AS melalui lagu dan pertunjukan anak-anak dengan kostum tentara. Mereka menampilkan pesan, "Matilah Imperialis Amerika!"

Lagu lain yang ditampilkan menunjukkan kesempatan penebusan dosa bagi masyarakat yang sempat punya pikiran anti-sosialis. Selain itu, ada juga gambar tentara yang menggunakan helm bertuliskan 'AS' menginjak dan menyerang perempuan Korea.

Selain itu, konser tersebut juga menampilkan protokol pencegahan Covid-19. Anak-anak tampil menggunakan kostum botol hand sanitizer dengan lagu yang mengajak mereka terus mengikuti aturan agar tak masalah besar.

Lanjut baca di halaman berikutnya...



Uji Rudal Hipersonik hingga Tak Ikut Olimpiade Musim Dingin Beijing

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER