KILAS INTERNASIONAL

Xi Jinping Ancam Dunia sampai Pejabat RI Kunjungi Israel

CNN Indonesia
Rabu, 19 Jan 2022 06:35 WIB
Kondisi Tonga, wanti-wanti Xi Jinping ke dunia, sampai delegasi RI disebut kunjungi Israel meramaikan berita internasional pada Selasa (18/1). Xi Jinping memperingatkan dunia bahwa konfrontasi dengan China hanya akan menimbulkan konsekuensi malapetaka. (Foto: AP/Alexander Zemlianichenko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah peristiwa meramaikan berita internasional pada Selasa (18/1) mulai dari delegasi Indonesia disebut kunjungi Israel hingga Presiden Xi Jinping ancam malapetaka jika dunia lawan China.

Kabar soal kondisi Tonga pascatsunami dan erupsi gunung api bawah laut juga masih menjadi sorotan.

Berikut kilas berita internasional kemarin.



Pejabat RI Disebut Kunjungi Israel, Bahas Strategi Covid-19

Delegasi yang terdiri dari sejumlah pejabat Indonesia dilaporkan mengunjungi Israel baru-baru ini untuk membahas strategi penanganan virus corona.

Laporan kunjungan itu pertama kali diungkap oleh Radio Angkatan Darat Israel, seperti dikutip Associated Press pada Selasa (18/1).

"Pejabat kesehatan Indonesia (mengunjungi Israel) dengan tujuan mempelajari cara menangani pandemi virus corona dan bertemu dengan pejabat Israel," demikian bunyi laporan radio tersebut.

Jika terkonfirmasi, lawatan itu merupakan kunjungan langka karena kedua negara tidak memiliki hubungan diplomatik.

Rusia Kosongkan Kedutaan di Ukraina saat Heboh Isu Invasi

Rusia dilaporkan mulai mengosongkan kantor kedutaan mereka di Ibu Kota Ukraina, Kiev. Pengosongan ini dilakukan ketika isu Rusia akan menyerang Ukraina terus mengemuka.

Pejabat keamanan Ukraina menuturkan, sebanyak 18 anggota keluarga diplomat Rusia dipulangkan menggunakan bus pada 15 Januari. Sekitar 30 anggota lain ikut dipulangkan beberapa hari setelahnya.

Pejabat keamanan itu juga mengatakan, diplomat di dua konsulat Rusia lain diimbau bersiap angkat kaki dari Ukraina.


Xi Jinping Ancam 'Malapetaka' jika Dunia Lawan China

Presiden China, Xi Jinping, memperingatkan dunia bahwa konfrontasi dengan negaranya hanya akan menimbulkan konsekuensi malapetaka.

"Sejarah telah membuktikan dari waktu ke waktu, konfrontasi tidak menyelesaikan masalah, tetapi hanya menimbulkan konsekuensi malapetaka," ujar Xi di Sesi Virtual Forum Ekonomi Dunia 2022, Senin (17/1),sebagaimana dilansir di laman Kementerian Luar Negeri China.

"Perilaku penahanan, pembatasan, atau konfrontasi hanya meningkatkan kerugian, bukannya kebaikan, untuk kedamaian dan keamanan dunia."

Xi juga mengimbau dunia untuk membuang mentalitas Perang Dingin. Ia meminta dunia agar hidup berdampingan secara damai dan mencari hasil yang sama-sama menguntungkan.


Penampakan Tonga usai Gunung Meletus: Tertutup Abu Vulkanik

Setelah gunung api bawah laut diTonga meletus, kepulauan itu tertutup dengan lapisan tebal abu vulkanik.

Berdasarkan gambar satelit yang dirilis Angkatan Pertahanan Selandia Baru (NZDF), rumah, lapangan, dan pepohonan di Pulau Ha'apai, Tonga, tertutup oleh abu.

Gambar satelit juga menunjukkan penampakan yang sama di distrik Kolofo'ou, Nuku'alofa, ibu kota Tonga. Pepohonan dan rumah benar-benar tertutup oleh debu vulkanik. Beberapa gedung juga terlihat roboh.



(tim/rds)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER