Ahok Ingin Perluas Setu Babakan

Lalu Rahadian, CNN Indonesia | Minggu, 19/04/2015 17:19 WIB
Ahok Ingin Perluas Setu Babakan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang mengenakan baju sadariah khas Betawi hadir dalam acara Pagelaran Seni Budaya Betawi di Perkampungan Budaya Betawi, Setu Babakan, Jakarta Selatan, Minggu (19/4). (CNN Indonesia/Lalu Rahadian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana untuk memperluas Kawasan Setu Babakan yang terletak di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, rencananya akan diperluas oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Rencana perluasan tersebut diungkapkan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama setelah ia hadir dalam acara pagelaran seni budaya betawi di Setu Babakan, Minggu (19/4) siang tadi. Menurut Ahok, kawasan Setu Babakan harus diperluas agar konservasi budaya betawi dapat lebih optimal dilakukan di sana. (baca juga: Ahok Naik Pitam di Setu Babakan)

Selain untuk kawasan konservasi budaya, Setu Babakan juga diproyeksi Ahok untuk menjadi kawasan Ruang Terbuka Hijau dan salah satu objek wisata di Ibu Kota kedepannya.


"Harus ada kombinasi, ada sanggar budaya tapi tidak ada tempat (latihan) juga tidak akan jalan juga, karena yang mahal kan (harga) tanah di Jakarta. Ini sudah dipetakan ada sekitar 289 hektar (luas kawasan Setu Babakan) tapi baru bisa kita kuasai sekitar 60 hektar dengan danau," kata Ahok di Setu Babakan, Jakarta Selatan, Minggu (19/4). (baca juga: Isi Akhir Pekan, Ahok Pilih Sambangi Gelaran Betawi)

Ahok juga mengatakan agar pembangunan kedepannya tidak lagi berorientasi pada pengadaan gedung-gedung tinggi yang sudah banyak terdapat di Ibu Kota. Mantan Bupati Belitung Timur itu berharap pembebasan lahan menjadi prioritas program dan pembangunan di DKI Jakarta.

"Saya rasa DKI Jakarta jangan terlalu fokus dengan pembangunan gedung-gedung saja. Tapi kita fokus juga ke pembebasan lahan. Tadi saya sudah kirim pesan ke Dinas Pariwisata, sama Walikota Jakarta Selatan, (kawasan Setu Babakan) kita harus beli," kata Ahok.

"Kita harus dorong Setu Babakan jadi pusat budaya Betawi. Jadi, kalau kita mau tahu budaya Betawi seperti apa, pohon-pohonnya juga seperti apa, ya di sini selain bisa menjadi tempat wisata juga dapat menambah ruang terbuka hijau serta tempat resapan air ," ujar Ahok melanjutkan penjelasannya kepada para wartawan. (baca juga: Ahok Akan Buat Jembatan Toko untuk Akomodasi PKL)

Setu Babakan merupakan danau buatan dengan area 30 hektare yang terletak di kawasan Jakarta Selatan. Air Setu Babakan berasal dari Sungai Ciliwung dan kerap digunakan sebagai tempat wisata bagi warga serta wisatawan. (pit/pit)