Ahok: PSK Bisa Saja Lebih Mulia dari Koruptor

Lalu Rahadian, CNN Indonesia | Selasa, 28/04/2015 09:39 WIB
Ahok: PSK Bisa Saja Lebih Mulia dari Koruptor Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyatakan korupsi sama buruknya dengan prostitusi yang saat ini tengah menjadi sorotan di ibu kota pasca sejumlah rumah indekos dan kamar apartemen terungkap digunakan untuk praktik prostitusi.

Ahok –sapaan Basuki– bahkan mengatakan belum tentu koruptor lebih suci dan hebat ketimbang pekerja seks komersial. Ahok menganalogikan perbandingan antara koruptor dan PSK dengan cerita Nabi Muhammad yang mengatakan bahwa pelacur yang memberi anjing minum dapat masuk surga.

"Belum tentu lebih baik dari mereka (PSK) loh. Bahkan Nabi Muhammad mengatakan pelacur yang kasih minum anjing saja masuk surga. Jadi bisa saja profesi PSK lebih mulia daripada pejabat yang korup, yang pura-pura bikin acara keagamaan padahal duitnya dari korupsi," ujar Ahok di Balai Kota DKI Jakarta.


Mantan Bupati Belitung Timur itu kerap bersitegang dengan DPRD karena adanya dugaan korupsi yang ia temukan dalam penyusunan maupun hasil akhir Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah DKI Jakarta.

Upaya Ahok melawan korupsi bahkan memakan dua 'korban' dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI Jakarta, yakni Alex Usman, pejabat pembuat komitmen pengadaan uninterruptible power supply (UPS) di Suku Dinas Pendidikan Menengah Jakarta Barat, dan Zaenal Soleman di Suku Dinas Pendidikan Menengah Jakarta Pusat.

Mereka menjadi ‘korban’ akibat pengaduan Ahok atas dugaan mark-up pada pengadaan UPS di APBD 2014. Kedua orang itu belum tentu yang terakhir terjerat kasus karena Senin malam (27/4) penyidik Bareskrim Polri menggeledah Sekretariat Komisi E dan ruang kerja Wakil Ketua DPRD Abraham 'Lulung' Lunggana. (agk/agk)