Kecelakaan Transjakarta, Ahok: Ganti Semua Busnya!

Lalu Rahadian, CNN Indonesia | Senin, 22/06/2015 11:27 WIB
Kecelakaan Transjakarta, Ahok: Ganti Semua Busnya! Puluhan bus Transjakarta baru bermerek SCANIA hadir dan diresmikan pada hari ulang tahun Kota Jakarta ke-488 di Plaza Barat Monas, Jakarta, Senin (22/6). CNN Indonesia/Lalu Rahadian
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) turut berkomentar atas musibah tertabraknya sejumlah kendaraan dan pejalan kaki oleh bus Transjakarta di depan SPBU Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin pagi (22/6).

Menurut Ahok, musibah tersebut menunjukkan bahwa pergantian terhadap seluruh bus Transjakarta harus dilakukan segera karena kondisi bus-bus lama itu sudah tidak layak untuk beroperasi lagi.

"Itu harus diganti (busnya). Makanya saya katakan, semua bus itu (yang lama) tidak bisa lagi dipakai, ganti yang baru, yang kualitasnya baik," ujar Ahok di Plaza Barat Senayan, Senin (22/6).


"Kita tidak mau lagi operator yang servis busnya. Jadi, uang komponen servis bus oleh operator itu mau kita pegang dan dibayarkan ke APM (Agen Pemegang Merek)," kata Ahok.

Musibah tabrakan yang melibatkan bus Transjakarta di Koridor VI (Ragunan-Dukuh Atas) terjadi bertepatan dengan perayaan hari ulang tahun ke-488 Kota Jakarta dan diresmikannya 20 bus gandeng baru Transjakarta merk SCANIA. (Baca: Ulang Tahun Ibu Kota, Ahok Resmikan 20 Bus Baru TransJakarta)

"Bus TransJakarta mengalami rem blong dan menabrak empat motor, empat mobil, dan pejalan kaki di depan SPBU Mampang," ujar Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya. (Baca: Rem Blong, TransJakarta Tabrak 4 Motor, Mobil, Pejalan Kaki)

Bus yang terlibat kecelakaan itu diketahui hendak keluar dari SPBU Mampang ketika menabrak motor dan mobil yang melintas dari arah Kuningan menuju Mampang. Dari enam motor yang ditabrak, satu motor masih terselip di bawah bus sehingga sulit untuk dievakuasi.

Seluruh korban dibawa ke rumah sakit, sementara arus lalu-lintas di lokasi sempat mengalami kemacetan parah. (obs/obs)