Libur Panjang, Arus Kendaraan Arah Puncak Macet

Christine Novita Nababan, CNN Indonesia | Kamis, 05/05/2016 09:05 WIB
Berdasarkan informasi TMC Polda Metro Jaya, situasi lalu lintas di tol Jagorawi ke arah Puncak terpantau padat pada pukul 08.40 WIB. Ribuan kendaraan memadati jalur Puncak di Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Arus kendaraan ke arah Puncak, Bogor, terpantau padat. Libur panjang membuat masyarakat berbondong-bondong menikmati tempat wisata favorit mereka di Jawa Barat tersebut.

Berdasarkan informasi TMC Polda Metro Jaya, situasi lalu lintas di tol Jagorawi ke arah Puncak terpantau padat pada pukul 08.40 WIB.

Menurut Nevan, salah satu warga Jakarta yang sedang berlibur ke Puncak, seperti dilansir Detiknews.com, kemacetan mulai terasa sekitar 4 kilometer sebelum gerbang tol Ciawi.



Ia berangkat pukul 04.30 WIB dari Tomang, Jakarta Barat. Namun, baru tiga jam setelahnya ia tiba di Megamendung, Puncak. Yaitu, sekitar pukul 07.30 WIB.

"Kemacetan berujung hingga Pasar Cisarua. Begitu pun arah sebaliknya," ujarnya, Kamis (5/5).

Sementara itu, Polda Banten telah mengerahkan 1.000 personel untuk mengantisipasi macet pada libur Kenaikan Isa Al Masih dan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 5-8 Mei ini.

"Kami menjamin arus lalu linta lancar, meskipun kendaraan padat," tutur Brigjen Ahmad Dofiri, Kepala Polda Banten, saat meninjau Pelabuhan Merak pagi ini, seperti dilansir Antara.


Ia menjelaskan, memang terjadi lonjakan kendaraan di jalanan. Namun, sejauh ini, arus lalu lintas dari tol Tangerang menuju Pelabuhan Merak terlihat lancar.

Lonjakan kendaraan akan memadati ruas jalan wisata Anyer-Carita dan sejumlah objek wisata lainnya di Banten. Petugas juga tersebar di lokasi keramaian, tempat wisata dan beberapa titik rawan kemacetan.

Polda Banten juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak ASDP Merak agar tidak terjadi penumpukan penumpang di Pelabuhan Merak.

"Kami mengkosentrasikan Pelabuhan Merak agar tidak terjadi antrian kendaraan pada libur panjang itu," pungkasnya. (bir/bir)